18 Tahun Berhenti, Pekan Olahraga Kabupaten 2022 Siap Digelar di Brebes

Sosialisasi persiapan KONI Brebes menjelang gelaran Porkab 2022 tingkat Kabupaten Brebes. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Sejak tahun 2004 atau tepatnya 18 tahun silam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Brebes tidak pernah menggelar event Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab). Padahal event tersebut harusnya bisa digelar rutin dua tahunan.

Ketua KONI Kabupaten Brebes Ahmad Zaini menjelaskan bahwa di tahun 2022 ini, KONI Kabupaten Brebes siap menggelar event olahraga yang diikuti oleh tim-tim perwakilan tiap kecamatan.

“Di tahun 2022 ini, kita siap menggelar Porkab yang rencananya akan digelar pada bulan Juli mendatang,” ujar Ahmad Zaini, Kamis (23/6/22) kemarin sore usai kegiatan sosialisasi Porkab Brebes 2022 secara daring, di Operation Room Dinkominfotik Kabupaten Brebes.

Beliau menambahkan Porkab merupakan kegiatan multi event dua tahunan sekali yang diselenggarakan KONI Brebes. Bahkan, Porkab tahun 2022 ini, terbilang istimewa karena diselenggarakan setelah 18 tahun atau tepatnya sejak tahun 2004, kegiatan tersebut berhenti.

Untuk itu, KONI Brebes di tahun 2022 kembali membangkitkan Porkab sebagai ajang rutin pesta olahraga tingkat kabupaten yang dilaksanakan dua tahun sekali.

“Sudah 18 tahun atau sejak tahun 2004, ajang Porkab ini tidak digelar. Apalagi, dalam dua tahun terakhir kita dilanda wabar Covid-19. Setelah covid-19 reda, dan status Brebes masuk di level satu PPKM, kami ingin membangkitkan kembali semangat olahraga melalui ajang Porkab ini,” jelasnya.

Gelaran Porkab digelar KONI sebagai wadah evaluasi terhadap pembinaan olahraga yang telah dilakukan pengurus cabang olahraga di bawah naungan KONI Brebes.

Sehingga, nantinya muncul bibit-bibit atlet berprestasi ditingkat level yang lebih tinggi. Porkab juga sebagai ajang persiapan brebes dalam menghadapi event olahraga yang lebih tinggi levelnya, yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah di tahun 2023.

BACA JUGA :  Pernyataan Junimart Girsang Tuai Polemik Hingga ke Daerah

“Rencananya Porkab nanti akan mempertandingkan 13 cabang olahraga, diantaranya, Senam, Gulat, Pencak Silat, Catur, Sepak Bola dan Bola Voli. Kemudian, Renang, Petanque, Panahan, Tenis Meja, Atletik, Panjat Tebing dan Karate,” ungkapnya.

Sekda Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, Pemkab Brebes mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada KONI Brebes yang akan menggelar Porkab. Apalagi beber Djoko sudah 18 tahun vakum tidak pernah ada gelaran dua tahunan.

“Harapnya semoga gelaran nanti berjalan lancar dan sukses. Termasuk bisa melahirkan banyak bibit atlet berprestasi,” harap Djoko Gunawan.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Kabupaten Brebes, Fajar Adi Widiarso mengungkapkan, Dindikpora siap mendukung penyelenggaraan event tersebut. Termasuk, memberikan dukungan dari segi sarana prasarana tempat dilaksanakannya Porkab Brebes ini. Apalagi, ajang itu menjadi wadah pencarian bakat para atlet dari pelosok Kabupaten Brebes.

“Di sisi lain, kami juga meminta dukungan KONI Brebes, khususnya terkait pendataan atlet pada saat registrasi untuk bisa dimasukkan dalam aplikasi yang telah disiapkan Dindikpora. Sehingga, data atlet di daerah juga bisa terekam di dinas kami,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.