2 Rumah di Brebes Tertutup Bangunan Dinding Tembok, Akibatnya Begini

2 Rumah di Desa Janegara Kecamatan Jatibarang tertutup dinding tembok. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Dua rumah di Desa Janegara, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes kini tidak memiliki akses jalan saa, setelah adanya berdirinya bangunan dinding tembok persis bersebelahan dengan teras rumah, yang dibangun sejak sepekan lalu.

Kedua rumah itu milik Juwariyah (70) dan Zaenab (63), kini tertutup dinding tembok oleh pemilik tanah Murtado (64) warga setempat.

Fahmi (53) anak dari Juwariyah mengatakan jika awal penutupan dinding tembok, keluarganya tidak tahu menahu. Namun, memang ada permasalahan sengketa dengan keluarganya yang lain. Dimana Murtado memenangkan gugatan sengketa di Pengadilan Tinggi Semarang.

Namun, Fahmi menambahkan setelah dimenangkan oleh Murtado, tahu-tahu dibangun dinding tembok yang persis menutup akses 2 rumah warga lainnya yang sebenernya juga masih kerabat Murtado.

“Akibanya kami sekeluarga dan rumah sebelah kesulitan untuk akses jalan. Mediasi juga sudah oleh pihak desa maupun Polsek Jatibarang. Namun yang bersangkutan tetap membangun dinding itu,” ujarnya

Baca juga: 219 Guru Lolos Seleksi Calon Kepsek, Nasibnya Belum Jelas 

Sementara Murtado, menjelaskan jika dirinya tetap bersikukuh membangun dinding tembok karena itu tanah miliknya, sesuai dengan keputusan pengadilan.

“Itu tanah saya yang telah dimenangkan di engadilan. Dirinya sempat kecewa lantaran keponakannya Basori, anak dari Juwariyah tidak pernah hadir saat mediasi dilakukan. Saya kesal dan terpaksa membangun dinding tembok,” ungkapnya.

Kapolsek Jatibarang, AKP Sunarto, Menjelaskan jika permasalahan penutupan berawal dari sengeketa tanah antara dua keluarga dan putusan pengadilan dimenangkan oleh Murtado. Alasan dibangunnya dinding tembok, menurutnya karena agar ada kejelasan tanah milik dari Murtado.

“Kami sudah melakukan mediasi keduanya. Dan saat pihaknya memediasi, bapak Murtado telah memberikan akses jalan untuk keluar masuknya kendaraan sepeda motor untuk keluarga Juwariyah. Sementara rumah sebelahnya, dari pengakuan Murtado sebenarnya menghadap ke arah timur ( jalan raya) bukan menghadap ke arah selatan yang berpapasan dengan tanah miliknya.” Jelas Kapolsek Jatibarang AKP Sunarto.***

Baca juga: Terjerat Dana Desa, Kades Bangsri Ditahan Kejaksaan Negeri Brebes

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *