218 Orang di Brebes Butuh Kursi Roda

Pemberian kursi roda kepada masyarakat oleh Dinsos Brebes /ist

ARAH PANTURA, BREBES – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes, mencatat masih ada 218 warga di Kabupaten Brebes kini membutuhkan kursi roda untuk aktivitas sehari-hari.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial (Jamsos) Dinsos Kabupaten Brebes, Slamet Gembira, Jumat (31/12) pagi, mengakui warga di Kabupaten Brebes mencapai 218 orang yang saat ini membutuhkan kursi roda.

“Memang benar, masih ada 218 orang yang kini membutuhkan kursi roda. Mereka adalah masyarakat dari kalangan tidak mampu,” ujar Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes.

Untuk tahun ini, Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes itu menjelaskan pihaknya untuk tahun ini telah mendistribusikan bantuan kursi roda krpada masyarakat yang membutuhkan. Itupun belum mencukupi dengan kebutuhan yang ada

“Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kursi roda, tahun ini beruntung ada bantuan dari BBRSPDF Soeharso Solo sebanyak 30 kursi roda, dan dari panti NAPZA Satria Baturaden 68 kursi roda,” jelas Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes.

Sementara bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Brebes ditahun 2021 hanyalah mendapatkan alokasi 60 juta rupiah.

“Dari APBD Kabupaten Brebes, hanya mendapatkan 25 kursi roda dari alokasi anggaran 60 juta rupiah,” terang Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes.

Baca juga: Tipu TKI Mantan Istri Sirihnya,  Pria di Brebes Mendekam di Tahanan

Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes inii, berharap agar di tahun-tahun mendatang bisa dialokasikan anggaran yang lebih besar sehingga masyarakat yang membutuhkan kursi roda dari kalangan tidak mampu bisa memperolehnya untuk aktivitas sehari-hari.

“Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kursi roda bagi warga tidak mampu, yakni harus ada prioritas alokasi anggaran yang bersumber dari APBD Brebes,’ tegas Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes.

Apalagi kebutuhan kursi roda bagi kalangan tidak mampu, bukan hanya kepada mereka para difabel. Namun juga diberikan kepada warga lanjut usia yang menderita kelumpuhan tidak bisa berjalan.

“Adapun syarat masyarakat penerima bantuan alat kesehatan (Alkes) berupa kursi roda, yakni permohonan diketahui oleh Kades setempat dan dilampiri foto copy KK/KTP, foto pemohon. SKTM. Setelah itu diajukan ke Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes,” pungkas Kabid Rehabilitasi dan Jamsos Dinsos Brebes, Slamet Gembira.***

Baca juga: Resmob Satreskrim Polres Brebes, Ungkap Puluhan Kasus Kejahatan Menonjol Selama Tahun 2021

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *