4 Amalan yang Dilakukan di Bulan Rajab, Ada Doa Panjang Umur

ARAH PANTURA – Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah dan Jawa.

Pada tanggal 27 di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia merayakan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

Isra’ Mikraj adalah peringatan saat Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Palestina) dengan Burak, dan dari Masjidil Aqsa ke Sidratulmuntaha menghadap Allah.

Rajab sendiri memiliki banyak keistimewaan dan banyak orang meyakini bahwa ketika seseorang melaksanakan amalan-amalan di bulan itu, niscaya Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya.

Oleh sebab itu, perlu diketahui, amalan apa yang ada di bulan Rajab. Berikut ini amalan utama di Bulan Rajab menurut H. Ahmad Jamaluddin.

  1. Puasa Bulan Rajab

Puasa di Bulan Rajab bukanlah bid’ah karena puasa merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah swt. Namun, puasa pada bulan Rajab sendiri hukumnya Sunnah.

  1. Membaca Tasbih Rajab

Amalan lain selain puasa yang bisa dilakukan di Bulan Rajab adalah membaca tasbih Bulan Rajab sebanyak 100×. Barang siapa membaca bacaan tasbih Bulan Rajab sebanyak 100× selama bulan Rajab maka tidak akan ada makhluk yang mampu menyipati betapa besarnya pahala yang Allah berikan untuk orang tersebut.

Baca Juga: Suara Adzan di Indonesia Disoroti Media Asing, Ini Aturan Penggunaan Pengeras Suara Masjid

  1. Membaca Doa Rajab

Membaca doa bulan Rajab dianjurkan untuk dilakukan, karena ini merupakan salah satu amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini doa menyambut bulan Rajab:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan”

  1. Melakukan Sholat Sunnah Rajab

Ada amalan lain yang bisa dilakukan yaitu melaksanakan sholat sunnah Rajab. Ini karena sholat sunnah tersebut dianjurkannya dilaksanakan di Bulan Rajab.

Menurut beberapa hadist, orang yang melakukan sholat sunnah di satu malam saja di bulan Rajab sebanyak 20 rakaat yang dibaca setiap rakaatnya surah al-fatihah satu kali dan surah al-ikhlas satu kali dan bersalam sebanyak 10 kali.

Maka Allah akan menjaga orang yang melaksanakan sholat tersebut, beserta keluarganya daripada musibah-musibah dunia seperti penyakit, bencana, kecelakaan dan lain sebagainya.

Demikian beberapa amalan yang bisa dilaksanakan di Bulan Rajab agar senantiasa mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Allah swt.***

(adn)

Baca Juga: Anggota dan Karyawan DPRD Brebes Disuntik Vaksin Booster

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.