5 Pantangan dan Larangan Jelang Imlek, Jangan Menyapu Lantai Kalau Tidak Mau Sial

ARAH PANTURA – Perayaan Imlek menjadi salah satu hari besar bagi orang China di seluruh dunia. Banyak tradisi unik yang mengiringi datangnya Imlek.

Diantara ciri khas dari perayaan Imlek selain kemeriahannya, ada beberapa makanan khas seperti kue keranjang, ikan bandeng, mochi dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, menjelang hingga berlangsungnya perayaan Imlek, bagi orang China mempercayai beberapa pantangan dan larangan dari leluhur mereka yang mana jika melanggar akan mendapatkan kesialan.

Baca Juga: Sate Taichan Senayan Mas Bojes Gede Nan Glowing

Mau tahu apa saja pantangan dan larangan saat Imlek? Berikut ini 5 pantangan dan larangan saat Imlek.

  1. Tidak diperbolehkan mencuci pakaian dan keramas rambut

Larangan ini berlaku pada hari pertama dan kedua Imlek. Kegiatan mencuci pakaian di larang pada hari pertama dan kedua Imlek karena dipercaya di dua hari tersebut merupakan perayaan ulang tahun dari Dewa Air.

Sedangkan untuk keramas rambut sendiri, dalam bahasa Mandarin, rambut memiliki kata yang hampir sama dengan Menjadi Kaya. Oleh sebab itu, mencuci rambut atau keramas dianggap hal yang kurang baik karena dipercaya menjadi tindakan menghilangkan keberuntungan seseorang.

  1. Hindari memakai pakaian warna hitam dan putih

Kegiatan memakai pakaian warna hitam dan putih ini dimaksudkan karena menurut tradisi Tiongkok, pemakaian busana berwarna hitan dan putih merupakan perlambangan dari suasana berduka.

Sehingga pemakaian busana berwarna hitam dan putih sangat perlu dihindari sepanjang bulan di tahun baru Imlek karena dianggap akan membawa kesialan.

  1. Hindari menyapu lantai
BACA JUGA :  Baru Banget Guys! Kode Redeem FF 3 Februari 2022 Belum Digunakan: Mob Boss, Wasteland Roamer, Titian Scar Gun Skins dan Diamond Voucher Gratis

Menyapu pada hari pertama tahun baru Imlek adalah satu hal yang sangat dilarang menurut kepercayaan orang China.

Hal ini karena Dewa Keberuntungan dipercaya akan mengunjungi setiap rumah sepanjang bulan di tahun baru Imlek.

Sehingga orang China percaya jika melakukan kegiatan menyapu lantai maka dianggap menyapu keberuntungan dan kekayaan yang dibawa oleh Dewa Keberuntungan.

  1. Jangan menangis atau bertengkar

Tahun baru Imlek melambangkan mulainya kehidupan baru sehingga pada perayaan Imlek dilarang menangis atau bertengkar dengan siapapun karena akan membawa kesialan selama satu tahun kedepan.

  1. Hindari memberi jam atau sepatu sebagai hadiah

Menurut kepercayaan orang China, memberi jam atau jam tangan itu dianggap tidak baik. Hal ini karena istilah memberi jam dalam bahasa Mandarin terdengar sama dengan istilah mengantar ke pemakaman.

Tidak hanya itu, memberi sepatu juga dianggap kurang baik karena dalam bahasa Mandarin istilah sepatu hampir sama dengan kata jahat. Sehingga memberi sepatu dipercaya akan membuat hubungan orang yang menerima dan memberi sepatu terputus.***

(adn)

Baca Juga: Menang Telak! Timnas Indonesia Taklukan Timor Leste di FIFA Match Day

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.