5 Rumah di Kutamendala Tonjong Hanyut Tersapu Banjir Bandang, Begini Videonya Saat Air Menerjang

Banjir Bandang Terjang Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Hujan deras sejak pukul 13.00, menyebabkan Sungai Prupuk di Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong meluap, Rabu (16/3) sore.

Akibat luapan sungai ini delapan rumah terdampak. Bahkan Lima rumah di antaranya hanyut tersapu banjir bandang tiga rumah lainnya rusak ringan.

Tidak hanya rumah, surat-surat berharga dan delapan sepeda motor milik warga pun tidak dapat diselamatkan.

Bahkan, beberapa video warga memperlihatkan keganasan banjir bandang di Sungai Prupuk dan air disertai lumpur mengenai pemukiman penduduk.

Data yang diperoleh dari pihak Desa Kutamendala ada 25 orang pengungsi menginap di sekolah MI muhamadiyah Kutamendala. Tim dari BPBD dan relawan PMI serta Ormas PP sampai malam ini masih melakukan pembersihan akses jalan yang tertutup lumpur

Kepala Desa Kutamendala, Fathuri mengatakan, banjir terjadi sekitar pukul 4 sore. Ada delapan rumah warga yang terdampak, lima di antaranya rusak berat karena hanyut terbawa arus dan tiga rumah lainnya mengalami rusak ringan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Semua penghuni rumah yang telah terdampak telah kami evakuasi. Mereka kami bawa ke pengungsian di MI Muhammadiyah Kutamendala dan sebagian lainnya mengungsi di rumah saudaranya,” kata Fathuri, Rabu (16/3) malam

Sementara, Satgas BPBD Brebes Selatan, Budi Sujatmiko menjelaskan, banjir terjadi akibat luapan Sungai Prupuk yang melintas di antara Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Lima rumah yang mengalami rusak berat tersebut akibat terbawa arus banjir bandang. Pihaknya tengah mengevakuasi warga yang terdampak dan membuka jalan yang tertutup lumpur agar bisa dilalui kendaraan.

BACA JUGA :  2 Anak Korban Kekerasan Ibu Kandungnya, Kondisinya Membaik

“Sementara belum ada dapur umum. Untuk makan malam para pengungsi kami masak di rumah warga. Tim BPBD dan relawan lainnya sedang melakukan pendataan,” ungkapnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.