Acara Hari Jadi ke-597 Cirebon, Pemkot Siapkan Rangkaian Kegiatan Sementara

ARAH PANTURA, CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mempersiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka merayakan Hari Jadi Cirebon ke-597.

Seperti diketahui, Hari Jadi Cirebon ke-597 akan jatuh pada tanggal 1 Muharam atau 7 Juli 2024 masehi mendatang.

Koordinator Bidang Kegiatan Hari Jadi Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan dalam perayaan Hari Jadi Cirebon tahun 2024 sendiri akan menggunakan peraturan daerah (perda) terbaru yakni Perda Nomor 4 tahun 2024 tentang Hari Jadi Cirebon.

Adapun perda tersebut merupakan penyempurnaan dari perda sebelumnya yakni nomor 24 tahun 1996.

“Jadi berdasarkan kajian dan hasil dari perumusan bersama Pemerintah Daerah, DPRD, Budayawan, tokoh budaya, termasuk guru besar dari UI dan Unpad. Hari Jadi Cirebon tahun 2024 menggunakan Perda terbaru nomor 4 tahun 2024. Intinya, pada tahun 2024 ini Kota Cirebon merayakan Hari Jadi ke-597 tahun,” ujar Agus kepada wartawan usai rapat Hari Jadi Cirebon, Jumat (17/5/2024).

“Hari Jadi Cirebon tahun 2024 ini, lebih muda 58 tahun dari perda yang lama. Jadi kita sudah melakukan pelursan sejarah di tahun 2024,” tambahnya.

Terkait rangkaian kegiatan, sebut Agus, pihaknya hingga kini masih melakukan perumusan mulai dari tema, logo, tagline hingga kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung nanti.

“Minggu ini memang masih tahap perumusan, jadi ada beberapa tema yang kami usulkan kepada Ketua Panitia dan juga Pj Wali Kota Cirebon,” jelasnya.

Menurut Agus, nantinya, rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke-597 tahun akan terbagi menjadi tiga fase, yakni pra-event, main-event, dan post-event. Pasalnya, kepanitiaan juga terbagi, untuk peringatan hari jadi dan hari Kemerdekaan RI.

BACA JUGA :  Caruban Nagari Archery Open Tournament 2024 Resmi Dibuka

“Pra-event sudah kita mulai kick off nya pada saat kegiatan Cirebon Festival 2024. Mei – Juni 2024 masuk Pra-event, Juli 2024 Main Event, dan sampai dengan Agustus 2024 masuk fase post-event,” ungkapnya.

Selain peringati hari jadi, kata Agus, Pemkot Cirebon juga akan turut memperingati satu abad gedung Balai Kota Cirebon 1924-2024.

Hal tersebut tentu menjadi menarik, sehingga kepanitiaan akan berupaya menyajikan kegiatan yang meriah dan sedetail mungkin.

“Ini yang paling menarik. Karena kepanitiaan sudah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk umum yang diselenggarakan di dalam gedung Balai Kota Cirebon,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Arif Kurniawan mengatakan, puncak kegiatan ada di 7 Juli 2024 mendatang.

Untuk rangkaian kegiatan, Arif mengungkapkan pihaknya sedang menyusun agar waktu kegiatan tidak bersamaan.

“Kegiatan kita masih rangkai, termasuk menyiapkan anggaran untuk selama peringatan hari jadi,” singkat Arif.

Berikut rangkaian kegiatan sementara Hari Jadi ke-597 Cirebon:

  • Tanggal 1-7 Juli 2024 : Open House Balai Kota Cirebon (Peringatan 100 Tahun, ada pameran sejarah Cirebon, topeng Cirebon dan lukisan kaca Cirebon)
  • Tanggal 2 Juli 2024 : Seminar Manuskrip
  • Tanggal 4 Juli 2024 : Ngunjung Pedati Gede
  • Tanggal 5 Juli 2024 : Festival Purnama; Gelar Trisula Budaya Sarumban
  • Tanggal 5-7 Juli 2024 : Bancakan Cirebon (Festival Kuliner Nusantara)
  • Tanggal 6 Juli 2024 : Festival Anak Muda Cirebon
  • Tanggal 7 Juli 2024 : Upacara Hari Jadi Cirebon; Rapat Paripurna Hari Jadi Cirebon; malam puncak hari jadi; prosesi agung dan maca babad cirebon.
  • Tanggal 8 Juli 2024 : Anugerah Kebudayaan; Peresmian Museum Topeng dan Lounching Kamus Basa Cirebon.

Demikian informasi mengenai rangkaian kegiatan sementara Hari Jadi Cirebon ke-597.***

(HSY)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *