Ada 194 Sekolah di Brebes Masih Nunggak Iuran BPJS Bagi Guru Honorer

Kantor Kejaksaan Negeri Brebes. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes, beberapa hari lalu mengundang 81 sekolah tingkat SD dan SMP di kabupaten dalam rangka penyelesaian piutang iuran program BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal,

Dimana puluhan perwakilan sekolah tersebut diundang pihak Kejari Brebes lantaran menunggak kewajiban untuk membayar iuran para guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kejari Brebes memberikan bantuan dan perjanjian kerjasama BPJS dalam hal penagihan tunggakan 194 sekolah SD dan SMP yang kami bantu untuk menagih.

Tentunya tunggakan itu harus dibayar, karena untuk kebaikan para guru honorer itu sendiri, Jadi kami selaku pengacara negara dalam hal ini wajib untuk membantu,” kata Kasi Intel Kejari Brebes, Dwi Raharyanto, Sabtu (19/2) siang.

Dwi menambahkan, Jaksa Pengacara Negara pada Kejari Brebes memberikan bantuan hukum guna optimalisasi pemulihan piutang iuran Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal.

“Kegiatan penagihan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Kuasa Khusus (SKK) Nomor: B/531/012022 Tanggal 19 Januari 2022 perihal Bantuan Hukum Non Litigasi,” ungkap Kasi Intel Dwi Raharyanto.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Tegal, Mulyono Adi Nugroho mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes yang telah memanggil 194 sekolah di Brebes yang menunggak iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer.

Ini sesuai dengan Inpres No 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan SE Menteri Pendidikan No 8 Tahun 2021 tentang Peningkatan Kepatuhan dan Kepesertaan Program Jamsostek Pada Satuan Pendidikan Formal dan Non Formal.

BACA JUGA :  Belum Diresmikan, Atap Bangunan Museum Manusia Purbakala di Brebes Ambruk

“Para pekerja seperti guru honorer ataupun tenaga non ASN mereka semua sangat rentan dalam melakukan pekerjaan, jadi ini penting untuk pemerintah daerah memberikan perlindungan sosial baik kedepannya,”pungkasnya.

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.