Ada 4 Kandidat, Seleksi Direktur Bank Brebes Disorot

Kantor Bank Brebes /Arah Pantura.

ARAH PANTURA, BREBES – Proses seleksi Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank Brebes disorot DPRD Kabupaten Brebes. Selain teknis pelaksanaan sepenuhnya tidak memberikan informasi tembusan kepada Komisi II yang membidangi ekonomi dan pembangunan, rangkaian mekanismenya juga sejak awal ditangani pihak ketiga.

Ketua Komisi II DPRD Brebes Nasikhun saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya hingga kini belum mendapatkan tembusan apapun terkait proses seleksi direktur Bank Brebes.

Panitia selesksi (pansel) mungkin memiliki pertimbangan tersendiri dari dan internal Pemkab terkait mekanismenya, atau mungkin juga ada aturan baru. Sebab di tahun-tahun sebelumnya, setiap kali ada seleksi direksi BUMD, DPRD selalu dilibatkan, meski hanya sebatas tembusan. ”

“Idealnya, ditembuskan ke Komisi II. Karena nantinya, dalam pengajuan penyertaan modal butuh rekomendasi DPRD. Sebab, penyertaan modal sepenuhnya mengandalkan APBD. Namun untuk seleksi direktur Bank Brebes ini kami tidak dilibatkan sama sekali, bahkan surat tembusan pemberitahuan adanya proses seleksi juga tidak kami terima,” ungkapnya.

Meski tidak dilibatkan secara langsung maupun tidak langsung, lanjut dia, pihaknya berharap dalam proses seleksi direktur Bank Brebes itu harus transparan. Tim pansel diminta harus lebih selektif, kapabel, dan punya integritas tinggi agar tidak stagnan. Terlebih, permodalan Bank Brebes itu murni dari APBD, sehingga kinerjanya harus bisa dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, keberadaan Bank Brebes dapat lebih maju dan memiliki integritas tinggi dalam mengelola anggaran daerah.

“Kami tidak mau seperti tahun-tahun sebelumnya, kondisi Bank Brebes ini tidak ada kemajuan,” tandasnya.

Gedung DPRD Kabupaten Brebes. /Arah Pantura

Gedung DPRD Kabupaten Brebes. /Arah Pantura

Anggota Komisi II DPRD Brebes lainnya, Zaki Syafruddin Prihatin membenarkan Proses seleksi yang tidak melibatkan DPRD.

BACA JUGA :  (Video) Cerita Korban Perampokan Travel Gelap Diancam Akan Dimutilasi

“Saya sampai sekarang belum mendapat informasi apa pun soal seleksi Direktur Bank Brebes,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, Pemkab melibatkan DPRD saat melakukan seleksi direktur BUMD. Itu pernah terjadi saat seleksi direktur PDAM beberapa tahun lalu, dimana dirinya dilibatkan langsung. Namun untuk seleksi Bank Brebes itu mungkin ada aturan yang baru, sehingga tidak melibatkan DPRD.

“Kalau dulu memang melibatkan Komisi II, dan kebetulan waktu itu saya yang ditunjuk untuk mewakili Komisi II,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes sekaligus Ketua Pansel Calon Direktur Utama Perumda BPR Bank Brebes Djoko Gunawan menjelaskan seluruh rangkaian dan proses seleksi calon dirut Bank Brebes ditangani pihak ketiga yang mengharuskan di bawah naungan Perbarindo. Bahkan, hingga Senin (7/3) beberapa hari lalu, tahap seleksi sudah mengerucut lima nama kandidat. Namun, satu orang menyatakan mundur dari proses seleksi tersebut.

“Saat ini sudah proses tes tertulis, psikotes dan wawancara mulai dilaksanakan dan ada 4 kandidat,” tegasnya.

Sesuai regulasi Permendagri 37/ 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas Atau Anggota Komisaris dan Anggota Badan Usaha Milik Daerah, yang menjadi acuan proses seleksi, tidak ada kewajiban melibatkan DPRD atau komisi yang membidangi.

“Permendagri ini yang menjadi acuan atau dasar proses seleksi ini,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.