Ada 93 Titik Tanggul Rawan Jebol di Wilayah Brebes Barat Paling Diwaspadai Sungai ini

Tanggul Sungai Cisanggarung, di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarung (Cimancis) mencatat jika ada 93 titik tanggul di Kabupaten Brebes, khususnya di wilayah bagian barat Brebes yang kondisinya rawan jebol saat memasuki musim penghujan.

Untuk mengantisipasi jebolnya tanggul di Kabupaten Brebes, pihak BBWS Cimancis menggelar rapat kordinasi dengan Bupati Brebes, Idza Priyanti bersama Kepala Dinas bPSDA-Taru Agus Asy’ari, serta sejumlah Camat yang ada di wilayah Brebes Barat, di pendopo setempat, Jumat (12/11) siang.

Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Ismail Widadi mengatakan jika dari pemetaan yang dilakukan oleh tim BBWS Cimancis untuk di wilayah Kabupaten Brebes sediri ada 93 titik yang rawan jebol. Di mana, 25 titik tersebut telah diperbaiki.

“Dari 93 titik yang rawan jebol itu, ada 25 titik tanggul yang sudah diperbaiki, sehingga masih ada 68 titik lagi yang perlu kita waspadai,” ujar Kepala BBWS Cimanuk – Cisanggarung itu kepada media.

Dari hasil pemetaan pihak BBWS Cimanuk – Cisanggarung, ada 2 sungai yang perlu diwaspada yakni Sungai Cisanggarung dan Sungai Babakan.

“Dari 93 titik tanggul yang rawan jebol, berada di beberapa sungai dan anak sungai. Namun, yang perlu diwaspadai yakni di Sungai Cisanggarung dan Sungai Babakan, dikarenakan kedua sungai itu debit airnya yang tinggi, adanya perubahan bentuk dan bola alur, tegas Kepala BBWS Cimanuk – Cisanggarung, Ismail Widadi.

Pertemuan BBWS Cimanuk – Cisanggarung dan Pemkab Brebes, di Pendopo Brebes, Jumat (12/11)

Kepala BBWS Cimanuk – Cisanggarung ini juga mengingatkan kepada para Camat dan Kepala Desa yang wilayahnya berada di titik sungai yang rawan jebol, untuk waspada dan bisa mengantisipasinya.

Kepala Bidang (Kabid) Irigasi Dinas PSDA – Taru Brebes,Anna Dwi Rahayuningtyas Rizky, yang mengikuti pemaparannya bersama BBWS Cimanuk – Cisanggarung, mengatakan jika dari 63 titik tanggul yang rawan jebol itu ada di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes bagian barat.

“Dari 63 titik rawan jebol itu, berada di Kecamatan Losari, Kersana, Tanjung, Ketanggungan dan Kersana. Dimana saat pertemuan tersebut, Bupati Brebes, Idza Priyanti berharap agar puluhan titik tanggul yang rawan jebol tersebut segera diperbaiki agar masyarakat di Kabupaten Brebes bisa merasa nyaman,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *