Ada Puluhan Titik Tanggul Sungai di Brebes Perlu Diwaspadai, Yang Paling Rawan di Sungai Babakan

Kepala DPSDA TR Brebes, Agus Asy'ari. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Intensitas hujan yang masih tinggi terjadi di Kabupaten Brebes, membuat puluhan titik tanggul sungai di Kabupaten Brebes diwaspadai.

Salah satunya yakni tanggul Sungai Babakan, khususnya di wilayah Kecamatan Ketanggungan diminta diwaspadai saat musim penghujan ini. Pasalnya, kondisi tanggul dan aliran sungai di wilayah tersebut dinilai paling rawan banjir, dibanding titik lainnya.

Kepala Dinas Pengelolan Sumber Daya Air dan Tata Ruang (DPSDA TR) Kabupaten Brebes, Agus As’ari mengatakan, dalam menghadapi musim penghujan, terutama untuk mengantisipasi bahaya banjir, hampir sebagian besar kondisi tanggul sungai di wilayah Brebes telah ditangani dinas terkait. Yakni, mulai Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung dan BBWS Pemali-Juana. Kendati demikian, masih ada beberapa titik yang harus diwaspadai, karena belum mendapatkan penanganan penuh.

“Dari data BBWS Cimanuk-Cisanggarung, total tanggul yang kondisinya kritik ada sebanyak 61 titik, namun baru ada 25 titik yang diperbaiki. Hal ini perlu mendapatkan perhatian, khususnya saat musim penghujan ini,” terang Kepala DPSDA TR Kabupaten Brebes.

Agus menjelaskan dari puluhan titik tanggul yang kritis tersebut, salah satu yang harus mendapat perhatian khusus berada di Sungai Babakan. Terutama, tanggul yang masuk wilayah Desa Padakaton, Kecamatan Ketanggungan.

Baca juga: Harga Minyak Curah Terus Melambung, Begini Keluhan Pedagang

“Di titik itu, kondisi tanggul rawan, dan debit air kerap limpas, sehingga menyebabkan banjir di wilayah tersebut. Apalagi, kondisi sungai di bagian hulu sudah bagus, karena telah dinormalisasi dan penguatan tanggul,” jelas Kepala DPSDA TR Brebes.

BACA JUGA :  Kepala Desa 5 Kecamatan di Brebes Diperiksa Terkait Pengadaan Komputer SID

Namun penanganan tersebut belum bisa maksimal dikarenakan terkendala banyak bangunan milik warga di sepanjang tepian alur sungai.

“Di wilayah Padakaton ini yang harus kita waspadai. Masyarakat juga kami minta waspada saat kondisi hujan turun di wilayah selatan, karena bisa menyebabkan banjir,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk wilayah lain dinilai kondisinya lebih baik. Kendati demikian, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya. Mengingat saat ini intensitas hujan terus mengalami kenaikan.

“Kami optimistis untuk penanganannya sudah lebih baik, dan mudah-mudahan Brebes aman dari banjir,” ucap Kepala DPSDA TR Brebes Agus Asy’ari.***

Baca juga: Ardhito Pramono Ditangkap Kasus Narkoba, Polisi Temukan Ganja Saat Penangkapan

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.