Antisipasi Bencana Banjir Saat Musim Hujan, Polres Brebes Siapkan Alat Canggih Ini

ARAHPANTURA, BREBES – Kabupaten Brebes menjadi salah satu daerah yang rawan bencana saat musim penghujan.

Berbagai persiapan dilakukan berbagai Pemkab Brebes, Polres Brebes, maupun Kodim 0713 Brebes yang menggelar Apel Tanggap Bencana di halaman Islamic Center, Jumat (29/10).

Bupati Brebes Idza Priyanti, meminta kepada masyarakat di Kabupaten Brebes untuk mewaspadai berbagai bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Apalagi selain di wilayah Brebes Utara rawan banjir, untuk wilayah yang perlu diwaspadai yakni bencana angin puting beliung. Sementara untuk wilayah selatan bencana yang diwaspadai yakni bencana longsor, tanah bergerak dan banjir bandang.

Baca Juga: Kepala Desa 5 Kecamatan di Brebes Diperiksa Terkait Pengadaan Komputer SID

“Menghadapi musim hujan, selain masyarakat diminta waspada adanya potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi, berbagai peralatan telah disiapkan. Termasuk alat yang dimiliki Satpol Air Polres Brebes, yakni pelampung remote kontrol,” ungkap Idza.

Bupati Brebes juga menjelaskan jika Pemkab Brebes sudah menyiapkan dana tanggap darurat sebesar 5 miliar rupiah untuk penanganan bencana.

“Dana tersebut nantinya digunakan untuk penanganan bencana, jika memang sewaktu waktu terjadi bencana yang tidak diinginkan,” terangnya.

Sementara Kapolres Brebes, AKBP Fasial Febrianto mengatakan, jika peralatan khusus yang dimiliki Satpol Air Polres Brebes, yaitu remote control life saver U-Safe atau biasa disebut U-Safe atau pelampung remot kontrol yang merupakan alat dukungan dari Mabes Polri.

“Bentuknya menyerupai huruf U, berwarna oranye, dan panjangnya kira-kira mencapai satu meter. Selain itu, terdapat empat buah pegangan di sisi kiri dan kanan alat tersebut,” jelasnya.

U-Safe digerakkan oleh motor khusus yang kekuatannya diklaim mampu menerjang banjir bandang sekalipun. Jadi, alatnya tinggal dilempar ke air, nanti akan bergerak menolong korban.

“Alat tersebut dikendalikan menggunakan remote khusus. Saat tombol-tombol itu ditekan U-Safe pun langsung melesat dan menjangkau korban yang jaraknya hingga 200 meter sekalipun,” pungkas Kapolres Brebes.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *