Areal Tambak Diterjang Rob, Petambak di Randusanga Kulon Merugi

Areal tambak di Desa Randusanga Kulon diterjang banjir rob selama sebulan terakhir. / Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Tidak hanya jalan perkampungan maupun pemukiman warga yang terimbas banjir rob di Desa Randusanga Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.

Namun, banjir rob juga menerjang lahan tambak di desa tersebut sejak satu bulan terakhir.

Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiono, (05/12) menjelaskan jika ada sekitar 500 hektar lahan tambak yang rusak diterjang banjir rob di desanya. Mayoritas lahan yang terkena rob tengah ditanami rumput laut dan sebagian kecil lainnya ditanami ikan bandeng.

“Ada 500-an hektar tambak yang terkena rob, mayoritas lagi ditanami rumput laut dan lainya ikan bandeng,” ujar Kades Randusanga Kulon.

Kades Randusanga Kulon ini juga menambahkan jika akibat rob, petambak rumput laut tidak bisa memanen maksimal termasuk juga para petambak ikan bandeng.

“Jelas kondisi seperti ini menyebabkan banyak tambak rusak, yang menyebabkan petambak rumput laut maupun ikan bandeng merugi karena tidak bisa memperoleh hasil maksimal.” Jelas Kades Randusanga Kulon, Afan Setiono.

Baca juga: Ada 28 KK Terdampak Banjir Rob di Desa Randusanga Kulon, Tertarik Tempati Rusunawa

Sementara salah satu petambak ikan bandeng, Burhan (35), Minggu (05/12) pagi menjelaskan jika dampak banjir rob, menyebabkan lahan tambaknya rusak dan kami petambak ikan bandeng terancam gagal panen

“Untuk 1 hektar lahan ikan bandeng, kerugian mencapai 5 juta rupiah. Ada 5 hektar laha milik saya yang lagi ditanami ikan bandeng. Tinggal dikalikan saja 5 juta rupiah × 5 hektar, sudah 25 juta rupiah kerugiannya,”ungkapnya.***

Baca juga: Bencana Banjir Dan Longsor Melanda Kecamatan Bantarkawung Brebes

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *