Bank Indonesia Siapkan Aplikasi Pintar Penukaran Uang Baru

ARAHPANTURA, Cirebon,- Dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali membuka layanan penukaran uang baru atau kas keliling selama Ramadan. setelah dua tahun ditiadakan karena Pandemi COVID-19, penukaran uang baru dibuka di beberapa titik.

Selain itu, Bank Indonesia sudah menyiapkan aplikasi Pintar untuk memfasilitasi layanan kas keliling tersebut. Dengan aplikasi tersebut, masyarakat bisa melakukan pemesanan penukaran uang secara online dan memilih waktu dan tempat penukaran.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan menyambut Idulfitri, Bank Indonesia Cirebon bekerja sama dengan perbankan dan BPR se-Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) kembali membuka penukaran uang baru atau kas keliling.

“Kami untuk pertama kali setelah dua tahun karena Pandemi COVID-19, kami Bank Indonesia Cirebon kembali membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat menjelang hari raya Idulfitri,” ujar Heru kepada awam media di kantornya, Rabu (6/4/2022).

Saat ini, lanjut Hestu, untuk penukaran uang, masyarakat perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di website https://pintar.bi.go.id dengan mengisi data diri dan memilih waktu maupun lokasi penukaran.

“Tahun ini penukaran uang baru menggunakan mekanisme pemesanan terlebih dahulu menggunakan aplikasi BI Pintar. Jadi masyarakat bisa langsung mengakses https://pintar.bi.go.id. Selanjutnya masyarakat bisa memilih waktu dan lokasi penukaran,” ungkap Hestu.

Untuk tempat penukaran uang baru atau kas keliling di wilayah Kota Cirebon, sudah dibuka mulai tanggal 6 sampai 29 April di beberapa titik yang sudah ditentukan.

Tanggal 6 – 8 April 2022 berada di Masjid Nurul Amal Perumnas, 11 -12 April 2022 di Grage Mall Cirebon, 18-19 April 2022 di CSB Mall, 25-26 April 2022 di Grage City Mall, 27-29 April di Rest Area KM 166 arah Jakarta menuju Jawa Tengah, dan 27-29 April 2022 di halaman Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon.

BACA JUGA :  Ganjil Genap (GaGe) di Kota Cirebon Diberlakukan Kembali Setiap Akhir Pekan, Kendaraan Plat Luar E Harus Putar Balik

“Namun, masyarakat harus mengakses website BI Pintar. Karena melakukan layanan ini, kami Bank Indonesia menyadari bahwa masih dalam kondisi Pandemi COVID-19. Untuk penukaran, kami juga tetap batasi, satu masyarakat maksimal Rp. 3,7 juta,” katanya.

Di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, kata Hestu, pihaknya telah menyiapkan sebesar Rp. 3,7 Triliun uang baru. Jumlah tersebut, menurut Hestu, ada penurunan dibanding tahun lalu sebesar Rp. 4,8 Triliun.

“Penurunan jumlah ini berdasarkan pengalaman, dalam dua tahun terakhir kami tidak membuka layanan penukaran kepada masyarakat. Mungkin masyarakat menduga tahun ini tidak membuka layanan penukaran uang,” bebernya.

“Tapi yang pasti kami siap berapapun kebutuhan masyarakat, akan tetap kami layani,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.