Bea Cukai Tegal Sita 5,8 Juta Batang Rokok Ilegal

ARAHPANTURA, TEGAL- Kantor Bea Cukai Tegal dalam dua tahun terakhir ini berhasil menyita jutaan rokok ilegal yang peredarannya di wilayah eks Karisidenan Pekalongan, dari mulai Kabupaten Brebes hingga Kabupaten batang, Jawa Tengah.

Ini dikatakan Kepala Bea Cukai Tegal, Yudi Hendrawan kepada sejumlah awak media, Senin (08/11) siang.

Kepala Bea Cukai Tegal ini menjelaskan jika di tahun 2020 yang lalu, ada sekitar 4 juta batang rokok ilegal yang berhasil disita. Sementara di tahun 2021 ini hingga bulan September yang lalu, ada1,8 juta batang rokok yang disiita.

‘Di tahun 2020 yang lalu, dari 31 penindakan kami berhasil
menyita hampir 4 juta batang rokok ilegal, dengan nilai barang sekitar 4 milyar rupiah, yang dimana kerugian negaranya mencapai 2,3 milyar rupiah,” Ujar Kepala Bea Cukai Tegal.

Sementara di tahun 2021 ini hingga bulan September yang lalu, kami telah melakukan dengan 41 penindakan, dan berhasil menyita 1, 8 juta batang rokok ilegal, dengan nilai barang sekitar 1,8 milyar rupiah, potensi kerugian negara mencapai 1,2 milyar rupiah, ” kata Kepala Bea Cukai Tegal

Kepala Bea Cukai Tegal, Yudi Hendrawan menjelaskan jika penurunan penindakan di tahun ini dibandingkan tahun lalu, karena berbagai faktor.

“Penurunan kasus penindakan karena kami bersama masing-masing Pemerintah Daerah gencar melakukan operasi, masyarakat juga semakin memahami tentang bahayanya rokok ilegal. Termasuk bersama Pemerintah Daerah rajin melakukan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat,” jelas Kepala Bea Cukai Tegal, Yudi Hendrawan.

Beredarnya rokok ilegal tak bercukai pita, banyak diedarkan di wilayah eks. Karisidenan Pekalongan yaitu di daerah perkebunan dan nelayan. Meski demikian Yudi Hendrawan menegaskan jika wilayahnya hanyalah sebagai daerah perlintasan dikarenakan rokok ilegal itu, dikirim dari Jawa Timur untuk dipasarkan di luar Jawa, tepatnya di daerah pedalaman.

Yudi Hendrawan juga mengungkapkan jika pihak Bea Cukai Tegal, baru – baru ini telah melakukan penindakan kasus rokok ilegal dengan menjerat 2 Orang tersangka.

“Kasus rokok ilegal, kami telah menahan 2 orang tersangka yang dimana kasusnya kini tengah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, untuk disidangkan. Kedua tersangka ditangkap bersama barang bukti mobil saat tengah mengangkut rokok ilegal yang mencapai 1 juta batang rokok siap edar. Modus dari para tersangka yakni menjualnya rokok ilegal tersebut dengan cara online,” pungkas Kepala Bea Cukai Tegal, Yudi Hendrawan.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *