Bencana Longsor Terjang 3 Desa di Kecamatan Bantarkawung

Longsor terjang 3 desa di Kecamatan Bantarkawung Brebes. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Dalam sehari, musibah tanah longsor menerjang 3 Desa di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes, pada Sabtu (26/3) kemarin.

Kordinator Satgas PB BPBD Brebes Budi Sujatmiko mengatakan, musibah bencana longsor terjadi di tiga desa yakni di Dukuh Pawanguna, Desa Banjarsari, Desa Cinanas, dan Desa Jipang.

“Di Dukuh Pawanguna, Desa Banjarsari , longsor menyebakan kerusakan pada dapur rumah warga dan sempat menutup akses jalan desa,” ujarnya, Minggu (27/3) sore.

Longsor kedua terjadi di Desa Cinanas yang menyebabkan abodmen jembatan Kali Kuya rusak.

“Akibat longsor di Cinanas ini juga menyebabkan tebing sebelah selatan jembatan Kali Kuya sepanjang 22 meter ini tergerus,” jelasnya.

Ketiga lokasi longsor yang terjadi di Desa Jipang yang merusakan talud penahan tebing rumah warga sepanjang 10 meter tinggi tujuh meter longsor dan menimpa dapur rumah warga dan mengalami kerusakan sedang.

“Sebelum kejadian longsor ditiga lokasi tersebut wilayah Bantarkawung diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi,’ ucapnya.

Pasca kejadian, tim BPBD, Minggu pagi beserta warga setempat langsung membersihkan material longsor.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat beraktivitas saat berada di dalam rumah maupun luar rumah. Apalagi, saat ini intensitas turun hujan masing sering terjadi,” pungkasnya.***

Spread the love

BACA JUGA :  Harap Persoalan Sampah Teratasi, Anggota DPR RI Ini Serahkan Truk Pengangkut Sampah

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.