Bendung Sidapurna Tegal Dikeringkan, Ratusan Warga Berburu Ikan

ARAHPANTURA, TEGAL – Ratusan warga dari Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dan sekitarnya, berbondong bondong menceburkan diri ke Bendung Sidapurna yang sedang dikeringkan.

Tidak hanya orang dewasa, ada juga anak anak yang juga mencoba peruntungan untuk menangkap ikan.

Saat turun ke sungai, ratusan warga yang menangkap ikan menggunakan alat seadanya untuk menjaring ikan aliran air dari bendung yang dikeringkan.

Salah seorang warga Desa Sidapurna, Bambang Sukarono, mengatakan jika warga antusias menangkap ikan ini karena sudah menjadi tradisi setiap tahunan, pada awal bulan oktober, disaat Bendung Sidapurna dikeringkan.

“Biasanya ikan yang terbawa air ke sungai, saat bendung dikeringkan sangat banyak. Namun kali jni berkurang jika dibandingkan tahun tahun sebelumnya, dikarenakan banyaknya eceng gondok yang ikut terbawa arus air sungai, sehingga mempengaruhi saat menangkap ikan” ujar Bambang Sukarono. (3/10).

“Ikan yang didapat biasanya nanti digunakan warga untuk menggelar makan bersama dengan membakar ikan hasil tanggkapan”. Bambang menambahkan.

Baca Juga: Amankah Stok Batu Bara di PLTU?, PLN Segera Lakukan ini

Namun, sayangnya banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan, disaat Kabupaten Tegal masih masuk PPKM level 3. Tim satgas covid-19 Kecamatan Dukuhturi pun lantas mendatangi lokasi kerumunan warga untuk memberikan masker.

“Kami dari petugas satgas covid-19 Kecamatan Dukuhturi langsung terjun ke lokasi untuk memberikan pengertian kepada ratusan warga agar tidak berkerumun. Petugas yang melibatkan TNI, Polri serta Satpol PP membagikan masker kepada warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Tegas Camat Dukuhturi, Mutahrom.

Pengeringan Bendung Sidapurna, dilakukan setiap satu tahun sekali dan telah menjadi tradisi warga setempat untuk menangkap ikan di sungai. Ini dilakukan setiap menjelang musim hujan, untuk membersihkan sampah dan eceng gondok yang tumbuh, sehingga nantinya saat hujan turun, aliran air yang mengairi lahan pertanian di sejumlah desa di Kabupaten Tegal akan lancar.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *