Berkenalan dengan Nony Krystianti Andilah, Pebiliar Cantik Asal Cirebon

ARAHPANTURA – Nony Krystianti Andilah merupakan wanita Cantik dan pintar bermain biliar. Wanita berkulit putih asal Cirebon ini memiliki segudang prestasi di bidang biliar yang sudah ditekuninya sejak ia berusia 10 tahun.

“Awal bermain biliar sekitar umur 10 tahun. Berawal dari bantuin orang tua yang berjualan makanan di kantin rumah biliar Cirebon,” ungkap wanita kelahiran Cirebon, 23 November ini kepada About Cirebon Group, Baru-baru ini.

Dia mengaku, secara kebetulan pemilik dari rumah biliar tersebut, pada saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Olah Raga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Barat, Wiharto. Beliau yang mengajari Nony bermain biliar serta memfasilitasi hingga berprestasi.

“Tidak ada terlintas di hati saya untuk menjadi seorang atlet, namun berkat latihan dan bimbingan, event demi event saya ikuti alhamdulillah selalu membuahkan hasil. Dari situ lah saya baru mulai serius menjadikan atlet biliar sebagai profesi bagi saya,” tambah anak bungsu dari 6 bersaudara tersebut.

Wanita berambut panjang ini mengaku tentang prestasi yang pertama kali didapatkan. Saat itu, adalah kali pertama baginya di turunkan di event Pekan Olahraga Daerah (PORDA) 2010. Dia berhasil membawa pulang 2 medali perunggu untuk Kota Cirebon. Lalu berlanjut ke Kejuaraan Nasional 2010 dengan peraihan medali perak.

Prestasi lainnya yang telah diraih oleh Nony adalah 1 Medali perunggu diajang Pra-PON 2011, 1 Medali perak PON 2011, 1 medali emas PORDA 2014, 1 medali perak PORDA 2014, juara Pepi Cup 2017, 1 medali emas Kejurnas 2017, Runner up 9 ball open green garden 2018, 1 medali perak PORDA 2018, Quartel final All Japan Championship 2018, semifinalis Lion Cup Singapore 2019, 1 Medali perak Seagames 2019, juara 1 Double Woman Papua Open Tournament 2020, dan masih banyak lagi.

Saat ditanya tentang kesibukan akhir-akhir ini, Nony mengaku sedang tinggal di Yogyakarta, berlatih mempersiapkan dirinya untuk seleksi nasional Sea Games 2021 yang di tunda ke tahun 2022.

“Cita-cita saya, ingin mengharumkan nama bangsa lewat profesi atlet billiar ini. Semoga dengan cabang olahraga biliar berprestasi di tingkat international masyarakat tidak menganggap biliar negatif dan semakin banyak milineal yang ingin memiliki profesi ini,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *