Bikin KK Berlarut-larut, Disdukcapil Brebes Harusnya Belajar Dari Daerah Lain

Anggota DPRD Brebes, Sukirso. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Berlarut-larutnya pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Disdukcapil Kabupaten Brebes, yang saat ini memakan waktu hingga dua pekan lamanya dan dikeluhkan warga sebagai pemohon.

Kondisi ini bahkan disorot salah Anggota
Fraksi PDIP DPRD Brebes, Sukirso, usai mengikuti Rapat Paripurna di Gedung Dewan setempat, Kamis (03/1) sore.

Sukirso yang mempertanyakan kinerja pelayanan publik administrasi penduduk (Adminduk) terutama di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Menyusul informasi yang diterima dari masyarakat terkait keluhan pelayanan pembuatan Kartu Keluarga membutuhkan waktu berhari hari.

“Saya mendapat laporan dari masyarakat jika dalam pengurusan Adminduk khususnya KK membutuhkan waktu lama. Biasanya bisa dicetak di Kecamatan masing-masing, tapi karena jaringan lokal internet eror harus ke kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Baca juga: Dikeluhkan Pembuatan KK Sampai 2 Minggu, Begini Penjelasan Disdukcapil Brebes

Beliau menjelaskan, jika dalam pelayanan publik terutama Adminduk yang berlarut-larut, membuat masyarakat kebingungan hingga menghambat aktifitas masyarakat.

“Jangan sampai sistem yang baik berubah menjadi tidak baik. Kami minta pihak terkait (Disdukcapil) segera melakukan perbaikan sistem internet dalam Adminduk. Kalau masyarakat harus datang ke Disdukcapil saya kira ini merepotkan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Brebes bagian selatan,” pintanya.

Harusnya Disdukcapil Brebes bisa belajar dari daerah lain yang sistem pembuatan KK cukup dengan barcode bisa langsung jadi saat itu juga,

“Saya meminta Disdukcapil disini bisa belajar dari kota lain, yang proses pembuatan KK tidak memerlukan waktu yang lama. Kasian masyarakat kalau pelayanannya masih seperti ini,” pungkasnya.***

BACA JUGA :  Jelang Ramadhan, Pemkab Brebes Gelontorkan Rp. 12,7 M, Bagi 20.462 Pegiat Agama, Begini Kriterianya

Baxa juga: Ribuan Nelayan Blokir Jalan Pantura Dan Sempat Bersitegang Dengan Polisi, Gegara Tuntut Ini

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.