Bocah Telan Uang Logam Akhirnya Dirujuk ke RSUP Karyadi Semarang

ARAHPANTURA, BREBES- Fatan Almaisan Zein, bocah 6 tahun asal Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, yang tenggorokannya bersarang sebuah uang logam akhirnya dirujuk ke RSUP Karyadi Semarang.

Bocah malang yang tanpa sengaja menelan uang logam pecahan seribu rupiah tersebut, oleh orang tuanya Sandi ( 29) dan ibunya Ernawati, diantar Lurah Pasarbatang, Kusuma Edi ke RSUD Brebes untuk mendapatkan penanganan medis setelah mendapatkan Surat Keterangan Tidak Mampu ( SKTM).

Lurah Pasarbatang, Kusuma Edi saat mendampingi keluarga miskin ini di RSUD Brebes mengatakan jika setelah mengetahui warganya ada yang tertelan koin logam yang bersarang di tenggorokannya. Pihaknya pun langsung menangani bocah tersebut untuk dilarikan ke rumah sakit dengan SKTM.

“Kami mendampingi keluarga ini, karena tidak memiliki BPJS. Sehingga upaya yang kami lakukan ialah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu,” ujar Kusuma Edi.

Baca Juga: Bocah Tak Sengaja Telan Uang Logam Hampir Sebulan, Begini Kondisinya

Kusuma Edi menjelaskan, pembuatan SKTM ini dilakukan lantaran yang bersangkutan sudah masuk dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pihaknya pun telah berupaya mengusulkan agar semua anggota keluarga kurang mampu ini bisa memiliki BPJS. Sehingga mereka bisa lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

“Kami usulkan yang bersangkutan agar bisa punya BPJS. Karena yang bersangkutan memang sudah masuk di DTKS,” jelasnya

Dokter RSUD Brebes Jundi Azmi mengatakan, dari hasil pemeriksaan medis di RSUD Brebes, uang koin pecahan seribu rupiah masih menyangkut di tenggorokan Fatan. Menurut pemeriksaan dokter, ukuran uang tersebut terlalu besar, sehingga menyangkut di tenggorokan. Jika ukurannya lebih kecil, maka uang koin tersebut bisa keluar melalui saluran pencernaan saat bocah itu buang air.

“Posisi uang itu masih di tenggorokan. Ini masih menunggu hasil rontgen yang kedua. Setelah ini nanti harus langsung dirujuk ke RS Kariyadi Semarang untuk dilakukan operasi di Semarang,” pungkasnya.

Setelah mendapatkan penanganan tim medis, pihak RSUD brebes, Kamis Siang
akhirnya mengantarkan Fatan Almaisan Zein itu, untuk dirujuk dan dilakukan operasi di RSUP Karyadi Semarang.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *