Bupati Brebes Harap Warga di Bantaran Sungai Sigeleng Terdampak Rob Pindah ke Rusunawa

Bupati Brebes Idza Priyanti daat mengunjungi lokasi bencana rob di Desa Randusanga Kulon /Arah Pantura
ARAH PANTURA, BREBES – Bupati Brebes Idza Priyanti, Kamis (02/11) pagi meninjau lokasi bencana rob yang terjadi di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.
Bupati Idza Priyanti sempat memberikan bantuan beras kepada warga terdampak banjir rob sebanyak 600 paket sembako.
Bupati Brebes didepan warga terdampak, mendoakan agar semuanya bisa diberi kesehatan dan tetap semangat, meski dalam suasana keprihatinan.
“Saya minta kepada semuanya khususnya warga terdampak untuk selalu diberi kesehatan, tabah dan  semangat bekerja. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga disini,” tutur Bupati Brebes.
Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan,
banjir rob saat ini sangat parah dan pemerintah pusat sebelumnya sudah memperingatkan kepada para kepala daerah yang berada di pesisir pantai utara Jawa, adanya iklim lanina yang menyebabkan rob.
“Saya berharap kepada warga Randusanga Kulon dan daerah pesisir di wilayah Kabupaten Brebes, supaya mewaspadai adanya iklim lanina sebagai faktor pemicu terjadinya banjir rob,” ujar Bupati Brebes itu.
Bupati Brebes Idza Priyanti juga menyampaikan jika Pemerintah kabupaten Brebes sebenarnya telah menyiapkan Rumah Susun Tanpa Sewa (Rusunawa) dan saya berharap kepada warga yang sudah terdata terdampak banjir rob, yang menempati tanah bantaran Sungai Sigeleng untuk segera pindah dan menempati rusunawa.
“Saya berharap kepada mereka yang menempati lahan bantaran Sungai Sigeleng terdampak rob, untuk bisa pindah ke rusunawa. Bahkan Pemkab Brebes telah menyiapkan 46 rumah di rusunawa bagi warga yang berkenaan untuk pindah kesana,’ jelas Bupati Brebes.
Su

Suasana banjir rob di Desa Randusanga Kulon /ist

Suasana banjir rob di Desa Randusanga Kulon /ist

Apalagi sudah jelas aturannya, tanah bantar tidak boleh ditempati untuk bangunan. Pemkab Brebes memberikan waktu pada masyarakat terdampak rob yang menempati lahan bantaran sungai untuk bisa pindah ke rusunawa.
“Aturannya sudah jelas, jika bantaran sungai tidak boleh dibangun. Sehingga kami memberikan waktu pada masyarakat terdampak untuk segera pindah ke rusunawa. Apalagi bantaran sungai sigeleng ini akan  dilakukan normalisasi, ungkap Bupati Brebes.
Pemkab Brebes melalui Dinas terkait jiga akan mengusulkan pembangunan penahan rob di wilayah pesisir khususnya di Kecamatan Brebes.
“Saya berharap Pemerintah Pusat untuk segera bisa membangun penahan rob, khususnya disepanjang pesisir di wilayah Kecamatan Brebes,” pungkas Bupati Brebes Idza Priyanti.***

Baca juga:Cari Bibit Berprestasi, Brebes Akan Gelar Kejuaraan Renang “Pantura Jateng” 

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *