Dalam Rangka Peringati HUT ke-540, Bupati Cirebon Napak Tilas di Dalam Agung Pakungwati

ARAH PANTURA – , Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon menggelar acara napak tilas sejarah awal berdirinya Kabupaten Cirebon di Keraton Kasepuhan dalam rangka memperingati HUT ke-540 Kabupaten Cirebon pada Selasa, 29 Maret 2022.

Dalam acara tersebut, Bupati Cirebon beserta rombongan melakukan pertemuan dengan Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, PR Gumelar Suryadiningrat dan Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK) RR Alexandra Wuryaningrat di bangsal Prabayaksa Keraton Kasepuhan untuk kemudian berjalan menuju petilasan Keraton Dalem Agung Pakungwati.

Adapun saat berada di dalam Paseban Dalem Agung Pakungwati, selanjutnya didengarkan babad Cirebon yang dibacakan oleh Sejarawan Cirebon Mustakim Asteja.

“Babad Cirebon yang bacakan merupakan cerita Kanjeng Gusti Sinuhun Gunungjati menyampaikan maklumat bahwa Caruban Nagari lepas dari pengaruh kekuasaan Prabu Siliwangi, penguasa Kerajaan Pakuan Pajajaran pada tanggal 12 Shafar 887 H atau 2 April 1482 M yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Cirebon,” ujar Patih Sepuh.

Bupati dan rombongan kemudian menuju lokasi utama petilasan Dalem Agung Pakungwati yang merupakan bangunan asli bekas keraton pertama di Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengambil air wudhu di sumur Kejayaan dan melaksanakan salat sunah dhuha di pendopo petilasan Pangeran Cakrabuana.

Menurut Imron kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 540 tahun sebagai pengingat bahwa para pemimpin Kabupaten Cirebon saat ini tidak akan bisa berdiri tanpa adanya Syekh Syarief Hidayatullah dan embah Kuwu Cirebon sebagai pendiri.

BACA JUGA :  Ini Penjelasan Bupati Cirebon, Soal Melonjaknya Data Warga Tidak Mampu

“Hari ini kami bersama Forkopimda bersilaturahmi ke Keraton Kasepuhan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 540 tahun. Kami sadar para pejabat di Kabupaten Cirebon ini bahwa Kabupaten Cirebon hadir berdiri tidak lepas dari adanya pendiri yaitu Syekh Syarief Hidayatullah dan embah Kuwu Cirebon,” katanya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan, napak tilas di Keraton Kasepuhan ini bertujuan untuk mengenang para pendiri Kabupaten Cirebon.

“Dan kami juga di sini mengalap berkah kami dalam memimpin Kabupaten Cirebon semoga dapat berjalan lebih baik, tenang adem, ayem, tentram dan masyarakat Kabupaten Cirebon bisa sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, usai mengunjungi Keraton Kasepuhan, Bupati Cirebon bersama Forkopimda Kabupaten Cirebon melanjutkan kunjungannya dengan berziarah ke Astana Gunung Jati.***

 

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.