Dangkal dan Cegah Rob di Desa Randusanga Kulon. Sungai Sigeleng Akan Dilakukan Ini

Sungai Sigeleng terjadi pendangkalan di Desa Randusanga Kulon, Brebes /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Dampak dari pendangkalan Sungai Sigeleng yang berada di desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, selama ini menyebabkan air sungai disaat musim hujan meluap. Kondisi ini diperparah dengan adanya air rob/ air pasang laut yang mengalir ke sungai hingga meluap dan menggenangi rumah warga di Desa Randusanga Kulon.

Salah satu anggota DPRD Brebes, Benny Purnomo, Senin (15/11) mengatakan jika selama ini jalan di Desa Randusanga kulon yang akan menuju Obyek Wisata (OW) Pantai Randusanga Indah, kerap banjir hingga menggenangi perkampungan rumah warga.

“Salah satu yang menjadi pemicu air Sungai Sigeleng menggenangi ke perkampungan warga di Desa Randusanga kulon, disebabkan akibat pendangkalan sungai,” ujar Anggota DPRD Brebes itu.

Baca Juga: Terulang lagi, Rumah Terbakar Akibat Rebus Air Ditinggal Pemiliknya

Benny Purnomo menambahkan jika dampak dari pendangkalan Sungai Sigeleng, tidak hanya menyebabkan sungai meluap. Namun juga berimbas adanya air rob saat terjadi air pasang laut.

“Air rob yang menggenangi jalan desa dan rumah-rumah warga, surutnya lama karena kendala di sungai yang dangkal. Kondisi ini sudah terjadi bertahun bertahun dan tidak pernah terselesaikan” ujar Anggota F-Golkar DPDR Brebes tersebut.

Benny Purnomo, Anggota DPRD Brebes, saat dimintai konfirmasinya terkait pendangkalan Sungai Sigeleng /Arah Pantura

Benny Purnomo, Anggota DPRD Brebes, saat dimintai konfirmasinya terkait pendangkalan Sungai Sigeleng /Arah Pantura

Benny Purnomo yang juga sebagai warga Desa Randusanga Kulon Merasakan dampak dari terjadinya rob yang menggenangi di perkampunganya hingga saat ini.

“Untuk itu, saya telah mengajukan melalui aspirasi sebagai wakil rakyat untuk dilakukan normalisasi Sungai Sigeleng di tahun 2022 mendatang,” tegas Anggota DPRD Brebes asal Desa Randusanga Kulon itu.

Diharapkan dengan normalisasi sungai Sigeleng di Desa Randusanga Kulon bisa mengurangi terjadinya rob yang semakin parah. Dirinya juga ingin tanah dari hasil pengerukan tersebut, bisa digunakan sebagai tanggul sehingga bisa mengurangi air rob yang masuk ke perkampungan.

“Sungai akan dinormalisasi dengan cara pengerukan dan nantinya tanah yang dikeruk digunakan sebagai tanggul untuk mengurangi air rob yang masuk ke perkampungan,” pungkas anggota DPRD Brebes dari Daerah Pemilihan (Dapil) Brebes, Jatibarang dan Songgom.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *