Dinsos Brebes Jelaskan Penyebab Ratusan Ribu Penerima Bantuan Iuran JKN Dinonaktifkan

ARAHPANTURA, BREBES – Kantor Dinas Sosial Dinsos Brebes, mencatat sebanyak 215.785 Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Brebes dinonaktifkan kepesertaannya.

Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dinsos Brebes, Bambang Setiawan membenarkan terkait penonaktifan tersebut. Hal ini menurutnya sesuai dengan Permensos No 92 /HUK/2021, tentang penetapan PBI JKN Tahun 2021.

“Sesuai dengan Permensos itu, di Brebes sedikitnya ada 215.785 PBI JKN yang diberhentikan,” ujarnya saat ditemui awak media, kamis (14/10).

Dijelaskan, ada beberapa penyebab ratusan ribu PBI JKN yang tercoret dalam kepesertaannya. Diantaranya, meninggal dunia, Pindah Segmen, Peserta Ganda dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak padan atau tidak ditemukan.

BACA JUGA: 10 Atlet Renang Brebes Targetkan Medali Emas di POR Dulongmas Championship 2021

“Dari 215.785 peserta PBI JKN yang dinonaktifkan, terdiri dari 52.073 peserta meninggal dunia, 10.556 peserta pindah segmen, 67.457 peserta terdaftar ganda dan ada 85.699 peserta yang nomer induk kependudukan (NIK) tidak ditemukan,” tambah Bambang.

Namun, kepesertaan PBI JKN yang dinonaktifkan, dapat kembali diaktifkan dengan cara dilakukan registrasi ulang, yaitu dengan pengecekan berkas data dari pihak desa/ kelurahan, untuk kemudian berkas tersebut dibawa ke Dinsos untuk dibuatkan surat rekomendasi .

Sebelumnya jumlah peserta PBI-JKN di Kabupaten Brebes mencapai 1.366.835 orang. Namun setelah adanya pencoretan atau penonaktifan kepesertaan hasil dari verifikasi data tersebut, kini jumlahnya 1.151.050 peserta penerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional yang terdaftar di Kabupaten Brebes.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *