Disdukcapil Kota Cirebon Terima 70 Pengajuan Pembaruan Data Transgender

ARAHPANTURA, CIREBON, — Para transgender kini memiliki kesempatan untuk melakukan pengurusan data kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon kini mulai melayani pembaruan data E-KTP terhadap transgender.

Disdukcapil Kota Cirebon di Minggu terakhir September, menerima sebanyak 70 data transgender yang berdomisili di Kota Cirebon secara kolektif mengajukan pembaruan data dirinya.

Sesuai Permendagri Nomor 96 Tahun 2019 mengamanatkan untuk memberikan pelayanan pembaruan data bagi transgender. Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh, menjelaskan pembaruan data tersebut bukan tentang jenis gendernya, namun hanya sebatas mengubah foto, pembaruan sidik jari, dan rekam iris mata.

“Mereka ini yang membutuhkan identitas kependudukan jadi kita fasilitasi, ada dari forum mengajukan pembaruan data transgender, yang kebanyakan belum punya identitas penduduk, atau hilang, kalau sudah lama menetap tapi alamatnya dari luar Kota Cirebon kita fasilitasi,” jelasnya.

Baca Juga : Polres Brebes Gelar Operasi Yustisi Besar-Besar, Ini Sasarannya?

Di Cirebon pelayanan untuk transgender memiliki data kependudukan terbilang baru, setelah beberapa daerah juga membuka layanan tersebut.

“Jenis kelamin tetap laki-laki atau perempuan, yang diubah hanya foto, alamat. dari 70 data yang masuk harus di kroscek dulu sidik jari atau iris mata, disdukcapil tidak bisa mencetak identas yang ganda,” katanya.

Dikatakan Rahmat, pelayanan pembaruan data transgender sudah dilakukan Kota/ Kab Bandung, Depok, Tanggerang.

“Berdasarkan informasi dari forum di Kota Cirebon ada 70 orang, kita minta datanya dulu harus jelas dia penduduk mana,” ujarnya.

Ia menambahkan, pergantian jenis gender bisa dilakukan dan diubah didalam KTP, dengan menyertakan surat kesehatan, dan surat keputusan pengadilan.

“Sebetulnya kita menyarankan untuk tidak ganti foto tapi kalau mau ganti foto ya kita fasilitasi, bisa mengganti jenis kelamin asal mengikuti prosedur yaitu ada surat kesehatan dan surat penetapan pengadilan, perubahan jenis kelamin,” tukasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *