DKPPP Kota Cirebon Setiap Minggu, Berikan Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

ARAHPANTURA, CIREBON – Puluhan hewan peliharaan dapat vaksinasi rabies gratis, dari Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon.

Kegiatan vaksinasi rabies untuk hewan penular rabies (HPR), diterima sebanyak satu kali dalam setahun. Melalui Bidang Peternakan DKPPP Kota Cirebon vaksinasi rabies diberikan secara masif setiap hari ditempat yang berbeda.

Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Baperkam Kandang Perahu, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Kegiatan ini juga bertujuan untuk pembebasan penyakit menular pada hewan peliharaan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Bidang Medik Veteriner DKPPP kota Cirebon, Drh. Tyas Noormalasari, saat ditemui di sela kegiatan vaksinasi.

“Persyaratan vaksinasi kan kucing harus sehat, makannya bagaimana, cek suhu juga, pop dan pip bagaimana, ada umur minimal diatas 4 sampai 5 bulan boleh divaksin dibawah itu belum boleh divaksin,” ujarnya.

BACA JUGA: Fasilitas Alun-alun Tak Terawat, Ini Penjelasan Kadis PUPR Kota Cirebon

Hasilnya dari 46 hewan peliharaan milik masyarakat, yang menerima vaksin hanya 33 ekor saja, sebab banyak faktor yang membuat hewan peliharaan tidak bisa menerima vaksin, salah satunya adalah usia hewan.

Ditempat yang sama, Paramedis Veteriner, Adi wahardi, menambahkan pemberian vaksinasi kepada HPR secara gratis ini dilakukan setiap minggu.

“Kebetulan karena kita memiliki 110 kader disetiap kelurahan, jadi program pemberian vaksin rabies ini setiap minggu ada, kebetulan bertepatan dengan hari rabies sedunia pada taggal 28 September,” jelasnya.

Masih dikatakannya, dalam setiap kegiatan vaksin, dan pemberian pelayanan pemeriksaan hewan secara gratis ini selalu disambut antusias oleh puluhan warga.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *