DPKUKM Bersama Bea Cukai Cirebon Dorong Produk UMKM Dikenal Dipasar Global

ARAHPANTURA, CIREBON, — Bea Cukai Cirebon bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Cirebon mengajak para pelaku UMKM agar tidak ragu mulai mengirimkan sekaligus memperkenalkan produknya hingga luar negeri.

Puluhan pelaku UMKM yang potensial ekspor mendapat kesempatan menerima pembinaan, berupa pemberian materi hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik produk UMKM, sebelum melakukan ekspor.

Dalam kesempatan tersebut, Humas Bea Cukai Cirebon, Novembriyanto Nugroho, secara langsung memaparkan terkait manfaat ekspor bagi produk industri rumahan itu.

“Pemilik barang harus memiliki calon pembeli, berikutnya produk yang akan dikirimkan harus memiliki NIB dan pemilik juga memiliki NPWP, setelah memenuhi tahapan ini maka berikutnya mengirimkan barang,” ujarnya.

Baca Juga:Loker, PT Tirta Amarta Bottling Company Membuka Lowongan Kerja Terbaru Untuk Lulusan SMA SMK D3

Masih dikatakan Novem, setelah syarat dianggap sudah memenuhi, produk tersebut kemudian bisa dikirimkan melalui dua cara, yaitu melalui jasa antar barang atau melalui jasa perusahaan yang melakukan ekspor.

“Proses pengiriman barang secara sederhana bisa melalui kantor pos atau feedex, tapi banyak juga yang melalui perusahaan jasa ekspor, tapi ada kekurangan yaitu buyer mengenalnya barang tersebut dari perusahaan jasa tersebut,” jelasnya.

Dari pembinaan tersebut, Novem berharap produk buatan tangan orang Indonesia khususnya Cirebon bisa dikenal dipasar global, sementara sekarang ini Bea Cukai Cirebon mencatat produk furnitur, batik dan agro sweet sudah memiliki pasar diberbagai negara.

Peran Bea Cukai sendiri dalam hal ini selain memberikan pemahaman tentang ekspor juga memberikan kemudahan akses para pelaku usaha UMKM dengan membantu dalam membuat NIB (Nomor Induk Berusaha). (*)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *