Gasligthing Dalam Hubungan Hati-hati Jangan Sampai Terjebak, Ini Tandanya!

ARAHPANTURA – Hubungan percintaan seseorang tidak tentu akan baik-baik saja dan berjalan mulus. Banyak hal-hal diluar dugaan yang dapat terjadi, Salah satunya Gasligthing. Apa itu Gasligthing? Gaslighting merupakan sebuah praktik manipulasi yang dilakukan dalam sebuah hubungan sosial, termasuk hubungan asmara.

Setiap makhluk hidup pasti akan memiliki hubungan dengan lawan jenisnya, dan tentunya selalu ingin memiliki hubungan yang sehat dan baik-baik, serta tidak ingin terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Seseorang yang melakukan gaslighting terhadap pasangannya biasanya terlihat ingin berkuasa dan dapat bisa mengendalikan orang lain.

Dari perlakuaan nya yang dilakukannya tersebut sangatlah berbahaya, kenapa dibilang berbahaya karena ketika kamu terjebak dalam hubungan tersebut kebebasan yang harusnya kamu dapatkan maka akan terenggut.

Pasangan dari yang melakukan galisthing akan merasakan cemas, stress, dan sangat terganggu dengan perbuatan ini. Tapi seringkali hal tersebut tidak disadari bahwa hubungan yang dijalani terjebak dalam perlakuan gasligthing. Tanda-tanda pasangan gasligthing perlu kamu ketahui agar tidak terjebak gasligthing, berikut tanda-tandanya:

BACA JUGA: Ikuti Khitanan Massal HUT Sumpah Pemuda, Ini Beragam Ekspresi Anak-Anak Saat Hadapi Dokter

1. Dia kerap mengabaikan perasaanmu
Hubungan yang sehat tentu akan mengandalkan komunikasi yang baik dan saling menjaga perasaan satu sama lain, beda hal nya dengan pasangan yang terjebak gasligthing.

2. Tak pernah meminta maaf ketika melakukan kesalahan
Pasangan yang melakukan gasligthing cenderung menganggap dirinya selalu benar, sekalipun ia bersalah, ia tidak akan meminta maaf terlebih dahulu. Masalah yang dihadapi selalu terkesan enteng.

3. Membuat kamu jauh dari orang-orang tersayang
Sahabat, teman-teman dan keluarga sekalipun akan berusaha dijauhkan, ia merasa memiliki kendali penuh atas dirimu dan melihat orang-orang tersebut sebuah ancaman. Pengaruh darinya bias membuat kamu sampai membenci orang-orang yang kamu sayang.

4. Suka membalikan fakta
Saat ada permasalahan dan ia yang bersalah dan kamu mempermasalahkan hal tersebut dia akan mengatakan bahwa kamulah yang berlebihan, dan pada akhirnya kamulah yang salah sendiri bukan dirinya.

5. Sering membuatmu merasa bersalah
Kemampuannya menghembalikan fakta membuatmu akhirnya merasa bersalah, dan pada akhirnya kamu mulai tidak mendapatkan rasa percaya diri pada dirimu sendiri.

6. Sering berbohong
Sering berbohong termasuk tanda adanya galisthing dalam hubungan,bahkan ketika berbohong dan ketahuan ia tak malu dan tidak akan merasa bersalah. Berbohong menjadi kepentingan untuk dirinya sendiri, bahkan sama sekali taka da penyesalan.

Dear, ada baiknya ciri-ciri gasligthing di atas bias membantumu untuk mengetahui apakah hubunganmu termasuk hubungan yang tidak sehat. Dapatkanlah hubungan yang sehat dan bisa menghargai dan menghormati satu sama lain ya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *