Gegara Kapal Nelayan Terbakar, Pemilik Kapal di Tegal Merugi Puluhan Miliar Rupiah

Akibat terbakarnya belasan kapal, pemillik kapal merugi hingga puluhan miliar rupiah. /Ist

ARAH PANTURA, TEGAL – Dampak dari terbakarnya 13 kapal nelayan diatas 30 gross tonnage (GT), yang terjadi di Pelabuhan Tegal, pada Minggu (29/01) subuh, menyebabkan pemillik kapal merugi hingga mencapai puluhan miliar rupiah.

Salah satu pemilik kapal, Tambari, menjelaskan dari 13 kapal yang terbakar, dua kapal adalah miliknya yang ikut hangus terbakar.

“Untuk harga satu kapal miliknya yang terbakar satu kapalnya bisa mencapai 7 miliar rupiah. Jadi saya mengalami kerugian mencapai 14 miliar rupiah.,”ujarnya.

Kesedihan pemilik kapal bertambah, pasalnya tidak sedikit pemillik kapal yang hutang di bank untuk modal membuat kapal-kapal yang saat ini terbakar.

“Kami juga saat ini kebingungan, karena kapal yang dibuat, modalnya dari pinjaman di bank. Jadi kapal yang terbakar tidak bisa digunakan dan kami tidak memperoleh penghasilan untuk menutup angsuran di bank” ucapannya.

Baca juga:Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar, Diduga Gegara Ini

Tidak hanya pemillik kapal yang merugi, Tambari membeberkan para anak buah kapal (ABK) ini pun harus kehilangan pekerjaan karena kapalnya terbakar.

“Jika satu kapal bisa mengangkut sampai 20 ABK, berapa ratus ABK yang terpaksa menganggur jika dikalikan dengan 13 kapal yang terbakar.,” pungkasnya.***

Baca juga: Waspada Kasus Curanmor Makin Marak di Brebes, Belasan Motor Melayang di Bulan Januari

Spread the love

BACA JUGA :  Sengketa Tanah, Giliran Mantan Anggota Dewan Ancam Lapor Balik ke Polisi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.