Gegara Tak Berizin, Tower BTS di Brebes Disegel Satpol PP

Satpol PP dan Dinkominfotik Brebes melakukan penyegelan tower BTS di Kecamatan Losari yang tak mengantongi izin. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Satpol PP Kabupaten Brebes melakukan penyegelan menara telekomunikasi milik PT Profesional Telekomunikasi Indonesia yang berlokasi di Desa Pengabean Kecamatan Losari, Rabu (23/3) sore kemarin.

Bangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) disegel lantaran belum mengantongi izin dan tidak mengantongi rekomendasi teknis dari Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Brebes.

Satpol PP bersama Dinkominfotik Brebes serta pemerintah desa setempat langsung melakukan penyegelan. Hal ini lantaran pihak perusahaan tidak mengindahkan surat teguran atas pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Kepala Satpol PP Brebes, Supriyadi mengungkapkan, sebelum melakukan penyegelan, pihaknya sudah mengecek lokasi yang berdirinya berada di zona bebas tower. Bahkan pendirian bangunan tower ini sempat diprotes warga setempat.

“Satpol PP melakukan penyegelan menara tower ini karena memang tidak memiliki izin, sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2014 dan Perda Nomor 1 Tahun 2015,” kata Supriyadi saat dikonfirmasi, Kamis (24/3) siang.

Kasatpol PP Brebes itu menjelaskan sebelum beroperasi pihak perusahaan juga harus mendapatkan surat rekomendasi teknis dari Dinkominfotik. Namun Dinkominfotik tidak mengeluarkan izin atas permohonan pendirian tower tersebut, lantaran lokasinya berada di zona bebas tower.

Sebagai penegak Perda, Satpol PP telah melayangkan surat teguran pertama atas pelanggaran ini pada Selasa (1/3/2022). Namun PT Profesional Telekomunikasi Indonesia tidak mengindahkan surat teguran tersebut.

Kasi Penegak Perda Satpol PP Brebes, Prasida Kurniawan menambahkan, pelanggaran zona pendirian bebas menara itu terungkap berawal dari adanya protes warga sekitar pendirian tower. Mereka mengadu dan Satpol PP Brebes menindaklanjuti, ternyata Dinkominfotik tidak mengeluarkan izin.

BACA JUGA :  (Video) Sehari Lebaran, Kendaraan Arus Mudik Masih Padat Hingga Mengular Panjang di Jalur Selatan Brebes

“Kami sebenarnya sudah memberitahu kepada pemilik tower, tapi selama sebulan tidak ada tanggapan,’ ujar Prasida

Satpol PP kemudian menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat teguran pertama hingga kedua namun tetap saja tidak direspon oleh penanggung jawab pemilik tower.

‘Kami bersama Dinkominfotik akhirnya . penyegelan dan bisa saja nantinya melakukan pembongkaran,” pungkasnya.**

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.