Goa Sunyaragi Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Libur Nataru, Badan Pengelola Sebut Belum Normal

ARAHPANTURA, Cirebon – Objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon kembali dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat yang memanfaatkan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Goa Sunyaragi yang merupakan situs goa bersejarah batu karang buatan manusia ini dikunjungi ribuan wisatawan saat libur nataru.

Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) mencatat kunjungan wisatawan saat akhir pekan libur natal pada hari Sabtu (25/12) sebanyak 275 pengunjung dan Minggu (26/12) ada 554 pengunjung.

Sedangkan pada akhir pekan libur tahun baru 2022, terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan.

Tercatat pada hari Jum’at (31/12) sebanyak 161 pengunjung, kemudian wisatawan yang berkunjung pada hari Sabtu (1/1) sebanyak 663 orang dan Minggu (2/1) sebanyak 701 pengunjung.

Pengunjung objek wisata Goa Sunyaragi saat libur Nataru./ Humas BP TAGS.

“Meski terjadi peningkatan tapi jumlahnya pengunjung belum normal jika dibandingkan libur akhir tahun sebelum pandemi,” ujar Eko Ardi Nugraha, Kepala Bagian Humas BPTAGS dalam keterangan tertulis, Minggu (2/1) malam.

Ditambahkan Eko, belum normalnya tingkat kunjungan ke objek wisata Goa Sunyaragi karena aturan pemerintah yakni penghapusan cuti bersama.

“Diperkirakan dihapusnya cuti bersama menjadi penyebab belum normalnya tingkat kunjungan,” timpal Eko yang juga mantan Jurnalis TV ini.

Eko juga menyebut jika wisatawan yang berkunjung ke Goa Sunyaragi ini 70 persen berasal dari wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka.

BACA JUGA: Jelang Nataru, Petugas TNI Bantu Sosialisasi Prokes di Goa Sunyaragi

“Sisanya 30% merupakan wisatawan dan rombongan dari luar kota seperti Jakarta, Bandung dan Semarang,” ucapnya.

BACA JUGA :  Pengukuran Aset Ditunda, Begini Kronologis Kasus Kredit Macet Hingga Seret Goa Sunyaragi

Pihak BPTAGS pun menerapkan protokol kesehatan yakni dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, bagi pegawai termasuk pemandu wisata dan juga pengunjung yang akan masuk objek wisata Goa Sunyaragi ini.

“Pengunjung wajib prokes dan melakukan scan barcode aplikasi peduli lindungi yang telah disediakan pengelola,” tutup Eko.**

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.