Hati-hati! Selewengkan Bantuan Ternak Akan Berurusan Dengan Hukum

Bantuan ternak sapi dan kambing kepada kelompok ternak di Kabupaten Brebes /ist

ARAH PANTURA, BREBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) menyalurkan hibah bantuan sosial (Bansos) berupa ternak dan bantuan keuangan yang diserahkan secara simbolis kepada Kelompok Tani Ternak (KTT), di Pendopo Bupati, Senin (20/12) siang.

Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengatakan bagi penerima bantuan jangan sampai nekad selewengkan bantuan ternak karena bisa berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Ternak yang didapatkan, agar dipelihara dengan penuh tanggung jawab agar semakin berkembang. Bila ternak mati, harus dilaporkan dengan bukti potret ke DPKH Brebes. Jangan sampai belum apa-apa, bantuan ternak justru diselewengkan untuk dijual,” tegas Bupati Brebes, Idza Priyanti.

Baca juga: Dongkrak Penghasilan Dari Lahan Produktif, Nasdem Brebes Bagikan Seribu Bibit Kelengkeng

Kasubag Pembinaan Kejaksanaan Negeri (Kejari) Brebes, Mananda J Manullang SH MH, menjelaskan bagi penerima bantuan dari pemerintah agar lebih berhat-hati. Dan harus bertanggung jawab, jangan sekali-kali menyalahgunakan atau menyelewengkan bantuan jika tidak ingin berurusan dengan hukum.

“Jangan sampai nanti berurusan dengan hukum, jika bantuan ternak dari pemerintah itu diselewengkan. Maka kami mengingatkan untuk berhati-hati dan pelihara ternak dengan semestinya,” ujar Kasubag Pembinaan Kejari Brebes.

Hal yang sama dikatakan Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Syuaib Abdullah, yang menilai jika sering terjadi bantuan ternak dijual oleh penerima, namun dengan alasan klasik ternak tersebut mati.

“Kalau memang ada ternak bantuan yang mati, harus dibuat berita acaranya dan disertakan bukti otentik berupa foto hewan yang mati dan saksi mata. Jangan sampai bikin laporan palsu, jika tidak ingin dihukum karena dianggap telah merugikan keuangan negara,” ungkap Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP syuaib Abdullah.

BACA JUGA :  Kisah Warga Menyelamatkan Diri Saat Rumahnya Ambruk di Terjang Banjir Bandang

Kepala Dinas Peternakan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, Ismu Subroto, menjelaskan, bantuan hibah Bansos berupa ternak sapi dan kambing bersumber dari APBD Kabupaten Brebes, APBD Provinsi Jawa Tengah dan bantuan keuangan dari APBN Kementerian Pertanian RI tahun 2021.

‘Bantuan ternak sapi dan kambing kepada para kelompok ternak di Brebes bersumber dari APBD Kabupaten dan Provinsi, serta dari bantuan pemerintah pusat. Pihaknya akan melakukan pemantauan berskala dan penerima bantuan harus bisa patuh dengan aturan,” ungkap Kepala DPKH Brebes, Ismu Broto.***

Baca juga: Unik, Warga Desa Pakijangan Gelar Pemilihan Juru Kunci Makam

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.