HKTI  Minta Pemkab Brebes Serius Tangani Anjloknya Harga Bawang Merah

Hamparan lahan tanaman bawang merah di Kabupaten Brebes /Arah Pantura
ARAH PANTURA, BREBES – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Brebes menyikapi soal turunnya harga bawang merah saat ini.
Ketua HKTI Kabupaten Brebes, Masruchi Bachro, Rabu (01/12) pagi mengatakan jika dampak harga murah bawang merah membuat petani bawang merah di Brebes mengalami kerugian yang tidak sedikit.
“Akibat anjloknya harga bawang merah ditingkat petani sampai Rp 6000. Jelas kondisi ini paling dirugikan petani,” ujar Ketua HKTI Brebes.
Hal ini karena pembiayaan yang dikeluarkan oleh petani bawang merah di Brebes sangat besar.
“Dalam nilai impasnya, untuk BEP Brebes yg sangat tinggi dikisaran Rp. 12.000 –  Rp.13.000, sementara di daerah lain masih dibawah Rp. 8.000, bahkan ada juga yang dikisaran 6000 yaitu di luar Jawa, sedangkan harga ditingkat petani sebesar  Rp. 6000 sampai Rp.7000,” ungkap Ketua HKTI Brebes ini.
Untuk itu HKTI Brebes berharap ada tindakan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab Brebes) untuk penanganan yang bisa memperingan petani bawang merah di Brebes.
“Pemkab Brebes harus bisa memfasilitasi kepada Pemerintah Pusat, mengupayakan bantuan yang berkenaan dengan kerugian yang dialami petani seperti bantuan pupuk dan bibit bawang merah. Apalagi kondisi ini diperparah dengan gagal panen akibat lahan persawahan terendam banjir,” tegas Ketua HKTI Brebes
Tidak hanya itu, Pemkab Brebes dan Pemerintah Pusat juga harus bisa mengantisipasi agar kedepannya  harga bawang merah tidak kembali merosot.
“Harusnya pemerintah bisa mengantisipasi anjloknya harga bawang merah, seperti bisa mengantisipasi kemungkinan hal yang terjadi seperti ini,  adanya panen serempak di seluruh sentral bawang merah di jawa dan daerah-daerah baru di luar jawa yg sekarang menanam bawang merah. Salah satunya  halnya yaitu bisa memonitor penanaman dan masa panen,”pungkas Ketua HKTI Brebes, Masruchi Bachro.***
Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *