Horee! Ainu Rofik Bocah Pemulung Asal Brebes Dapat Sepeda

Anggota DPR RI, Dewi Aryani, memberikan sepeda kepada bocah 7 tahun di Brebes yang menjadi pemulung. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Seorang Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dewi Aryani, Sabtu (08/01) siang, mendatangi kediaman M. Ainu Rofik yang ada di RT 04 RW XVI, Jl. Letjen Sutoyo No. 21/C, Kelurahan Brebes Kecamatan/Kabupaten Brebes.

Dimana kedatangan Anggota DPR-RI ini disambut bahagia oleh bocah 7 tahun itu yang selama ini membantu ibunya mencari rongsokan sebagai pemulung, agar bisa mendapatkan penghasilan menyambung kehidupan keluarga.

Pasalnya, kedatangan Anggota DPR RI ini, tidak hanya memberikan sembako dan uang untuk Ainu Rofik dan keluarganya, melainkan juga Dewi Aryani memberikan satu unit sepeda untuk bisa digunakan Ainu Rofik yang mulai hari ini (Sabtu/08/01) sudah mulai sekolah di SD Negeri 7 Brebes

Saat Ainu Rofik menerima sepeda baru, langsung bungkusan plastiknya dibuka sendiri dengan terlihat wajah yang nampak bahagia.

‘Terima kasih saya diberi sepeda baru, saya senang sepeda ini bisa untuk ke sekolah maupun bermain sepeda dengan teman-teman di rumah,” ucapnya.

Baca juga: Rumah Keluarga Bocah Pemulung di Brebes Akan Direhab

Anggota DPR RI, Dewi Aryani, mengungkapkan jika bantuan diberikan sebagai bentuk komitmen dan kepedulian para Anggota Fraksi PDIP DPR RI dari Dapil IX Jawa Tengah, membantu masyarakat kecil dan miskin.

“Apalagi di Kabupaten Brebes banyak sekali laporan yang masuk, seperti masyarakat miskin ekstrem dan masyarakat hampir miskin juga bertambah. Termasuk yang dialami Ainu Rofik yang terpaksa membantu ibunya menjadi pemulung untuk menambah penghasilan keluarganya,” Ujar Anggota DPR RI ini.

Kami dari Komisi IX DPR RI, yang membidangi kesehatan, sehingga nantinya dipastikan keluarga ini harus mendapatkan KIS PBI, dan saat ini tengah diusahakan oleh Dinas Sosial Brebes untuk masuk DTKS.

“Diharapkan dengan keluarga miskin ini bisa masuk DTKS, tidak hanya untuk mendapatkan KIS PBI semata, namun program lainnya seperti PKH, RTLH, maupun BPNT, dll. Termasuk KIP buat Ainu dan adik-adiknya sekolah,” harap Anggota Komisi IX DPR RI itu.

Anggota DPR RI Dewi Aryani berharap kejadian serupa tidak terulang kembali sehingga pemerintah bisa langsung bergerak, yakni dengan mengefektifkan pendataan hingga tingkat bawah, dari mulai perangkat desa, PKK hingga Ketua RT, agar melaporkan kejadian yang ada ditengah masyarakat.

“Kami pernah mengumpulkan dan mensosialisasikan kepada Disdukcapil, Dinsos termasuk para camat se Kabupaten Brebes, beberapa waktu lalu, agar bisa melakukan pendataan kondisi masyarakat hingga ke tingkat bawah, mana-mana masyarakat yang tidak mampu yang belum masuk DTKS,” jelas Anggota Komisi IX DPR RI dari Dapil IX Jawa Tengah.

Sebenarnya hal itu bisa dilakukan dengan cara simpel, jika bisa diterapkan oleh Pemkab Brebes agar kejadian serupa bisa segera ditangani.

“Pertanyaan, Pemkab Brebes bisa bergerak cepat tidak, jangan sampai kejadian seperti yang dialami Ainu Rofik baru ditangani setelah munculnya di media. Bupati Brebes harus bergerak cepat dan perangkatnya sampai ketingkat bawah, harus bisa cepat melakukan pendataan ulang,” pungkas Anggota DPR RI Dewi Aryani.***

Baca juga: Dari Mulai Danramil Hingga Dinsos Brebes Datangi Kediaman Bocah 7 Tahun Yang Jadi Pemulung

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *