Hujan Lebat Akibatkan Bencana Longsor di Desa Karangapari – Bantarkawung

BPBD, relawan dan masyarakat tengah membersihkan material longsor yang menimpa ruang dapur rumah milik varga / ist

ARAH PANTURA, BREBES- Hujan Lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes pada Kamis (16/12), mengakibatkan bencana tanah longsor di Desa Karangapari Kecamatan Bantarkawung.

Seorang anggota Banser Tanggap Bencana (Bagan), Wasim, yang merupakan warga Desa Karangapari, melaporkan jika sebelum bencana longsor terjadi. Didesanya terjadi hujan dari intensitas sedang hingga lebat pada Kamis pagi.

“Setelah turun hujan, tiba tiba terjadi longsor setinggi 10 meter dengan panjang 12 meter, di RT 01 RW V di Desa Karangapari,” ujarnya.

Akibat longsor itu, imbuh Wasim, menyebabkan dapur 2 rumah milik warga tertimpa material longsor. Beruntung saat kejadian tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

“Longsor menimpa ruang dapur rumah milik Bapak Nuryanto dan Bapak rusdi hingga ruangan dapurnya mengalami kerusakan parah karena ada yang ambruk,”ungkap Anggota Bagana Desa Karangapari.

BPBD Brebes dibantu relawan dan masyarakat kemudian melakukan pembersihan material longsor.

Baca juga: Penghapusan Diklat, Nasib 219 Calon Kepala Sekolah di Brebes Menggantung

Kepala BPBD Brebes, Nushy Mansyur, Kamis (16/12) sore menghimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai jika turun hujan dikarenakan di daerah tersebut terdapat tebing tebing yang rawan longsor.

“Kami menghimbau pada warga untuk segera mengungsi jika terjadi hujan deras. Karena di daerah itu terdapat tebing-tebing yang rawan longsor. Apalagi sudah ada tanda-tanda dengan kondisi tanah di atas tebing yang retak dan kemiringan yang curam,” pungkas Kepala BPBD Brebes Nushy Mansyur.***

Baca juga: Kuasa Hukum Kades Bangsri : Tidak ada Kerugian Negara, Yang Ada kesalahan Administrasi

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *