Ikuti Khitanan Massal HUT Sumpah Pemuda, Ini Beragam Ekspresi Anak-Anak Saat Hadapi Dokter

ARAHPANTURA, BREBES- Puluhan anak dari kalangan kurang mampu di Kabupaten Brebes mengikuti khitanan massal yang digelar dalam rangka HUT Sumpah Pemuda ke 93 dan HUT Pemuda Pancasila ke 62 tahun 2021 , di Rumah Sakit (RS) Bhakti Asih Brebes, Minggu (31/10).

Anak-anak yang dikhitan massal gratis ini juga ditemani orangtuanya. Saat itulah satu per satu terdengar suara tangis dan teriakan peserta khitanan massal. Tak jarang teriakan kesakitan anak-anak ini bikin keluarga lain tersenyum, bahkan ada yang tertawa dengan aksi spontan mereka, meski mereka sebenarnya baru mau akan dikhitan oleh tim medis.

Ketua panitia khitanan massal Wijayanto, menceritakan disaat akan dikhitan. Setiap anak punya ekspresi berbeda, Ada yang menangis, berontak, menjerit, hingga untuk mengurangi rasa takut dan mengalihkan ketakutannya main game menggunakan handphone orang tuanya.

“Awalnya peserta sunatan massal ini, ada yang menangis, berontak, menjerit, hingga main game. Makanya kita memberi pengertian orang tuanya untuk memberikan semangat kepada anak anaknya, ” tutur Wijayanto.

Baca Juga: Antisipasi Pembelajaran Tatap Muka, Polres Brebes Gelar Vaksinasi Pelajar di MTs Negeri 2

Peserta yang berjumlah 36 anak ini, merupakan anak-anak dari kalangan tidak mampu, khususnya orang tuanya yang ekonominya tengah merosot akibat dampak pandemi covid-19.

Wijayanto juga menambahkan untuk khitanan massal yang disponsori oleh Badan Kesehatan Penanggulangan Bencana (BKPB) Kabupaten Brebes, menggunakan cara model super ring, yang memiliki keunggulan tanpa menggunakan jarum suntik, tidak diperban dan anak bisa bermain seperti biasanya.

“Jadi anak-anak yang dikhitan, memakai cara sunatan massal model super ring, dimana tanpa mengenakan jarum suntik, laser dan lainnya, tanpa harus diperban. Sehingga anak anak usai dikhitan tidak merasakan sakit, tanpa rasa sakit, dan bisa beraktivitas sediakala,” ujarnya.

Anak-anak dari kalangan tidak mampu ini pun, usai disunat bahagia hingga ada yang tersenyum, karena mendapatkan hadiah dari pihak panitia berupa sarung dan uang jajan.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *