Ingat, Tarif Air PDAM Brebes Naik Per Bulan Maret

Tarif PDAM di Brebes per Maret 2022 mulai mengalami kenaikan. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Perumda Air Minum Tirta Baribis Kabupaten Brebes sacara resmi menyesuaikan harga tarif air, sebesar Rp 650 per kubiknya. Semula harga air PDAM ini hanya sebesar Rp 4.000 per kubik, sekarang naik menjadi Rp 4.650 per kubik. Kenaikan ini dilakukan setelah 8 tahun tarif air PDAM belum mengalami penyesuaian harga.

Direktur Utama Perumda Trita Baribis Brebes, Agus Isyono melalui Humasnya Yudi Triono Raharjo menjelaskan, kenaikan tarif air itu sesuai instruksi Gubernur Jawa Tengah dan sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Brebes nomor 690/79/ tahun 2022.

Dalam SK Bupati ini, kenaikan tarif diberlakukan mulai bulan Februari secara bertahap. Rinciannya, untuk pelanggan wilayah Brebes selatan dilaksanakan 4 kali, dan untuk pelanggan wilayah Brebes barat dilaksanakan 2 kali, yang bersumber dari sumur dalam.

“Tarif yang berlaku saat ini adalah tarif air sejak tahun 2014 lalu. Dalam kurun waktu 8 tahun tidak ada penyesuaian, sementara saat ini sudah banyak kenaikan biaya produksi air. Sehingga, di tahun ini diperlukan penyesuaian tarif agar kami masih tetap bisa eksis, dan meningkatkan pelayanan ke pelanggan,” ujarnya Kamis (24/2) pagi.

Menurutnya, penetapan penyesuaian tarif air sebesar Rp 650 per kubiknya ini, sudah melalui proses analisis dan pembahasan yang panjang. Di sisi lain, penyesuaian tarif air ini juga terbilang masih paling rendah dibanding dengan tarif air di beberapa daerah tetangga.

Adanya penyesuaian tarif itu, tidak merubah sistem perhitungan pembayaran rekening air pelanggan. Misalnya, untuk pemakaian air 0-10 kubik sebelum penyesuaian tarif, perhitungannya Rp 40.000 (biaya pemakaian air) ditambah biaya adminsitrasi Rp 10.500 sehingga rekening air pelanggan yang harus dibayarkan Rp 50.500.

BACA JUGA :  Polisi Lakukan Pengejaran Suami Yang Tega Aniaya Istrinya Hingga Tewas

Sedangkan setelah penyesuaian tarif perhitungannya Rp 46.500 (biaya pemakaian air) ditambah biaya administrasi Rp 10.500, sehingga rekening air pelanggan yang harus dibayarkan Rp 57.000.

“Jadi untuk sistem perhitungannya tetap sama, kami juga memohon kepada pelanggan untuk memaklumi tentang kenaikan tarif PDAM,’ ungkapnya.

Beliau membeberkan, penyesuaian tarif yang diberlakukan sejak Februari ini, akan diterpakan untuk pembayaran rekening air pelanggan pada bulan Maret nanti.

“Dengan pola penyesuaian tarif secara bertahap ini, kami harapkan pada Agustus 2023 mendatang, seluruh pelanggan nantinya sudah memakai satu tarif air,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.