Ingin Produk Lokal Maju, Gerai IKM di Brebes Diluncurkan

Bupati Brebes meluncurkan Gerai IKM. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Bupati Brebes, Idza Priyanti mendatangi kompleks Pasar Buah di Jalan Ahmad Yani Kota Brebes, untuk meresmikan
Gerai Industri Kecil Menengah (IKM) di bawah binaan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Rabu (30/3) kemarin.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, Gallery Shop atau gerai IKM itu merupakan upaya Pemkab Brebes untuk mendongkrak keberadaan produk-produk lokal, sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga. Terpenting lagi, pemasaran produk dari IKM itu tidak hanya sebatas di Kota Brebes, tetapi akan dikembangkan di 17 kecamatan yang ada di Brebes.

“Harapannya kita bisa mengembangkan untuk pemasarannya hingga daerah sekitar Brebes, seperti Tegal, Pemalang dan Cirebon. Kemudian, kami bidik juga pemasaran secara online,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Warsito Eko Putro menambahkan, IKM itu nantinya yang akan memproduksi sejumlah produk-produk lokal unggulan. Ada puluhan produk yang bisa diproduksi IKM, di antaranya bawang goreng, kerupuk udang dan minuman rempah dalam kemasan. Dari produk itu kemudian dipasarkan melalui UMKM hingga sistem pemasaran online.

“Jadi, banyak sekali produk unggulan lokal Brebes yang diproduksi IKM ini. Bahkan, untuk strategi pemasaran kami akan membentuk IKM melenia, untuk pemasaran melalui media sosial. Kemudian, untuk pemasaran di tempat wisata, kita gandeng pokdarwis,” ungkap Warsito Eko Putro.

Beliau menjelaskan, IKM tersebut merupakan upaya instansinya untuk bentuk kewirausahaan. Diharapkan, adanya wirausaha itu bisa menyerap tenaga kerja lokal yang tinggi. Mengingat, angka pengangguran terbuka di Brebes masih sangat besar. Di tahun 2021, angka pengangguran di Brebes mencapai 97,08 persen.

BACA JUGA :  Satnarkoba Polres Brebes Berhasil Ungkap 42 Kasus Selama Tahun 2021

“Kami harapkan adanya IKM, bisa menyerap tenaga kerja, dan menekan angka pengangguran di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.**

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.