Ini 8 Kecamatan di Brebes Yang Diusulkan Pemekaran

Gedung DPRD Brebes. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES –
Ada delapan Kecamatan di Kabupaten Brebes, berpotensi diusulkan untuk pemekaran wilayah. Sebab, delapan kecamatan tersebut dinilai telah memenuhi kriteria dalam penataan kecamatan.

Terlebih, dengan ditetapkannya Peraturan Daerah tentang Penataan Kecamatan menjadi dasar pertimbangan kebijakan. Namun, prosesnya masih panjang karena butuh kajian menyeluruh dan pembahasan akademik.

Ketua Pansus 27 DPRD Brebes Sukirso saat dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan hingga penetapan Perda tentang Penataan Kecamatan muncul beberapa rekomendasi.

Adapun kecamatan yang berpotensi pemekaran wilayah di delapan kecamatan. Yakni, Brebes, Bulakamba, Losari, Banjarharjo, Ketanggungan, Larangan, Bumiayu dan Bantarkawung.

“Pertimbangannya, luasnya wilayah dan jumlah penduduknya yang banyak. Sehingga, memenuhi syarat untuk dilakukan pemekaran wilayah,” ungkapnya.

Pertimbangan lain dilakukannya pemekaran, lanjut Sukirso, bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik, penyelenggaraan pemerintahan daerah yang lebih aspiratif. Serta, lebih peka dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat dan pemerataan pembangunan.

“Karena selama ini, kualitas dan tingkat kepuasan pelayanan publik masih kurang maksimal. Terlebih, luasnya wilayah menghambat jangkauan layanan,” kata Sukirso, Kamis (23/6/22) siang.

Sukirso menjelaskan meski delapan kecamatan tersebut sudah memenuhi unsur dan kriteria untuk dilakukan pemekaran. Namun, prosesnya masih panjang dan berjenjang karena butuh kesiapan menyeluruh. Termasuk, regulasi tambahan sebagai petunjuk teknis dari Perda yaitu Peraturan Bupati.

Selain itu, kajian secara komprehensif hingga pembahasan dari sisi akademik dan administratif.

“Terakhir, pentingnya komitmen penuh dari pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerataan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat itu sendiri,”pungkasnya.***

Spread the love

BACA JUGA :  Amir Wilayah Khilafatul Muslimin Cirebon Raya Akhirnya Ditetapkan Tersangka dan Ditahan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.