Ini Jembatan Gantung Sungai Cisanggarung Yang Dibangun Warga di Perbatasan Provinsi

Jembatan gantung Pramuka, berada diats Sungai Cisanggarung

ARAH PANTURA, BREBES – Sebuah jembatan gantung yang melintas di atas Sungai Cisanggarung sepanjang 110 meter, baru saja dibangun di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah yang menghubungkan Desa Kalirahayu Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan Desa Limbangan Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jembatan gantung sendiri yang dibangun selama 3 minggu ini dinamakan Jembatan Pramuka, dikarenakan proses pembangunannya melibatkan ratusan anggota Kwarcab Pramuka Kabupaten Cirebon dan Kwarcab Pramuka dari Kabupaten Brebes, dengan dibantu warga di dua desa perbatasan, serta anggota Banser.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat meresmikan jembatan gantung di wilayah perbatasan, Kamis (11/11), mengatakan jika pembangunan jembatan gantung dilatarbelakangi keprihatinan dirinya mendengar kesusahan yang dirasakan kedua desa tersebut yang selama ini mengandalkan perahu penyebrangan untuk beraktivitas.

“Mereka yang mau bekerja, berdagang dan bersekolah bila ingin ke Jabar atau Jateng harus menggunakan Perahu, agar tidak memutar terlalu jauh dalam perjalananya. Alhamdulillah sekarang sudah memiliki jembatan gantung, sehingga lebih aman dan cepat,” ucap Ketua Kwarda Jabar yang sekaligus istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ketua Kwarda Jawa Barat itu berharap dengan terbangunnya jembatan, roda perekonomian masyarakat di perbatasan bisa semakin lancar, karena bisa mempercepat aktivitas berdagang, sekolah dan sebagainya dengan lebih cepat dan aman.

“Namun demikian, masyarakat yang melintas di atas jembatan gantung itu, harus hati-hati dan bergantian agar terjaga keamanan dan keawetannya. Rencananya secara berkala akan dilakukan pengecekan tentang kelaikan jembatan, termasuk akan juga mengusulkan kepada pemerintah agar dibangun jembatan yang lebih kokoh dan permanen,” ungkap ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat itu.

Jembatan gantung Pramuka, menjadi akses bagi warga Desa Kalirahayu, Losari, Cirebon dan Desa Limbangan, Losari, Brebes

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Brebes, Emastoni Ezzam yang menghadiri peresmian jembatan itu, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil atas idenya untuk mendirikan jembatan gantung di wilayah perbatasan Provinsi tersebut.

“Alhamdulillah jembatan gantung yang dibangun sebagai penghubung desa di perbatasan provinsi, yang melibatkan anggota Pramuka dari Kwarcab Cirebon dan Brebes, serta dibantu warga itu cepat selesai dan bisa langsung dimanfaatkan oleh warga sekitar,” pungkas Ketua Kwarcab Pramuka Brebes itu.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *