Innalilahi, Mantan Mendikbud Era Gus Dur, Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Mantan Mendikbud RI, Prof Dr Yahya A Muhaimin. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI, Yahya Muhaimin Prof Dr Yahya A Muhaimin dikabarkan meninggal dunia dikabarkan meninggal dunia, Rabu (09/2) sekitar pukul 10.15 WIB, di RSUD Margono Purwokerto, Jawa Tengah.

Yahya Muhaimin adalah Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) pada Kabinet Persatuan Nasional di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Semasa hidupnya Yahya Muhaimin merupakan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan tinggi. Prof Yahya Muhaimin merupakan anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005, dan Mendikbud RI 1999-2001.

Baca juga: Tolak Suap, Pungli dan Gratifikasi, PN Brebes Gelar Aksi Kampanye Simpatik

Tokoh nasional kelahiran Bumiayu, Kabupaten Brebes meninggal di usia 79 tahun. Sejak tahun 2019 Prof Yahya Muhaimin sempat dirawat di beberapa rumah sakit.

Kiprah Prof Yahya Muhaimin terhadap dunia pendidikan cukup besar. Sebelum menjadi menteri, beliau pernah menjadi dosen di UGM sejak tahun 1973.

Selain itu beliau juga menjadi Pengelola program S-2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM(1982-1984).

Almarhum juga merintis dan mengembangkan pendidikan di daerah tempat kelahirannya dan sempat menjadi Rektor Universitas Peradaban di Bumiayu, Brebes.

Jenazah almarhum direncanakan akan dikebumikan di kampung kelahirannya, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.***

Baca juga: Marak Curanmor, Masyarakat Diminta Waspada dan Gunakan Kunci Ganda

Spread the love

BACA JUGA :  Usai Sholat Ied, Warga Muslim di Brebes Lakukan Tradisi Nyekar ke Makam

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.