Jalingkut Brebes – Tegal Jadi Jalur Baru Mudik, Kendaraan Pemudik Diminta Hati-Hati

Jalan lingkar utara (Jalingkut) Brebes-Tegal

ARAH PANTURA, BREBES – Bagi kendaraan pemudik yang masuk melintasi Pantura Jawa Tengah menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, saat memasuki Pantura Kota Brebes ada jalur baru bagi pemudik yang melintasi yakni Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal.

Jalingkut sepanjang 17,4 kilometer dari ruas jalan Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes hingga Kelurahan Tegal Sari Kecamatan Tegal Barat kota Tegal yang belum lama diresmikan Presiden Joko Widodo ini, dibangun untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura Kota Brebes.

Namun, ruas jalan yang memiliki dua lajur untuk kendaraan dari dua arah ini, sangat rewa terjadinya kecelakaan sehingga pengemudi diminta untuk lebih berhati-hati dikala melintas.

Kanit Regident Satlantas Polres Brebes Ipda Hani Purwanto mengatakan kepada pemudik untuk berhati-hati saat melintasi Jalingkut yang mayoritas dilalui kendaraan berat.

“Kami berpesan pemudik untuk mematuhi rambu-rambu dan hati-hati di jalan karena disitu yang melintasi adalah kendaraan beban berat seperti truk sehingga bagi kendaraan sepeda motor dihimbau melintas dijalur Pantura Kota Brebes,” ujarnnya. Kamis (21/4) siang.

Terpisah, Kepala PPK 1.1 Jateng Ruas Jalan Nasional-Brebes-Tegal-Pemalang, Wisnu Herlambang menjelaskan untuk arus mudik dan balik tahun ini, ruas Jalingkut Brebes-Tegal juga akan digunakan.

Sesuai rencana awal, ungkap Wisnu kendaraan berat yang dilarang masuk kota, akan dimasukan ke Jalingkut.

“Kendaraan yang melalui Jalingkut itu harus hati-hati karena kondisi jalurnya masih dua lajur dan dipakai untuk dua arah. Sehingga kondisi itu menyebabkan kerawanan kecelakaan karena akselerasi kendaraan terbatas,” terangnya.

BACA JUGA :  Ada 211 Perkara Pidana di Tahun 2021, Ratusan Juta Kerugian Negara Diselamatkan Kejari Brebes

Ini berbeda dengan jalur Pantura yang memiliki dua jalur dengan empat lajur.

“Semua kendaraan memang diperbolehkan menggunakan jalingkut, tetapi untuk sepeda motor sebaiknya masuk kota,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.