Jaring Atlet Sejak Usia Dini, Begini Yang Akan Dibentuk Dindikpora Brebes

Untuk menjaring Bibit atlet sejak usia dini, Dindikpora Brebes akan membentuk PPLOPD di Brebes /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Terkait keolahragaan, Pemkab Brebes melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (Dindikpora), menyampaikan perkembangan olahraga di Kabupaten Brebes, dari tahun ke tahun yang dinilai terus meningkat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widarso, Sabtu (01/01) siang, mengungkapkan saat ini masyarakat sangat antusias terhadap perkembangan olahraga di Kabupaten Brebes.

“Respon luar biasa yang tentu dimana harapannya kondisi pandemi covid-19 segera berakhir dan kita harus bangkit. Apalagi kita memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) yang potensial untuk perkembangan olahraga di Kabupaten Brebes,” ungkap Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes.

Kabid Pemuda dan Olahraga itu, menjelaskan di tahun 2021 kemarin, sejumlah cabang olahraga yang diikuti atlet sejumlah cabang olahraga di Brebes terbilang lancar tanpa hambatan.

Baca juga: Jadi Kado Tahun Baru, Wakil Rakyat Ini Bagikan Ribuan Paket Beras

“Sejumlah kejuaraan olahraga, khususnya yang melibatkan pelajar pada kejuaraan-kejuaraan yang digelar di berbagai tempat. Event olahraga yang diikuti pelajar maupun umum terbilang lancar tanpa hambatan. Bahkan, sejumlah cabang olahraga unggulan bisa meraih prestasi,” ucap Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes ini.

Ada beberapa cabang olahraga unggulan dan berprestasi yang diikuti pelajar asal Kabupaten Brebes yang bisa berprestasi di luar daerah.

“Sejumlah cabang olahraga unggulan dan berprestasi, antara lain senam, renang dan gulat. Contoh untuk cabor senam kita bisa menjadi juara umum di event Dulongmas, dan meraih 2 Emas pada Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah yang lalu,” terang Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widarso. /Arah Pantura

Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widarso. /Arah Pantura

Untuk cabang olahraga berprestasi, Pemkab Brebes jiga memberikan reward, termasuk kepada pelatih yang berprestasi.

BACA JUGA :  Minta Diperbaiki, Jalan Nyaris Putus Gegara Tergerus Air Aliran Sungai.

“Kami memfasilitasi kegiatan kepelatihan yang bertujuan agar pelatih memiliki bekal kepelatihan yang kelak harapannya bisa mencetak atlet berkualitas yang berprestasi,” kata Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes.

Salah satu untuk meningkatkan prestasi olahraga, Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes ini, juga menjelaskan prestasi atlet tidak terlepas adanya sarana prasarana yang memadai.

‘Pemkab Brebes telah berkomitmen melengkapi sarana dan prasarana yang dilakukan secara bertahap. Seperti di tahun 2022 ini kita akan merevitalisasi sport center, seperti melengkapi fasilitas di Stadion Karang Birahi dan lapangan tenis indoor. Termasuk melengkapi berbagi fasilitas olahraga yang ada dengan menyesuaikan anggaran yang ada. Sehingga untuk mewujudkan master plan di sport center bisa terwujud secara bertahap, harap Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, fajar Adi Widarso.

Termasuk untuk meningkatkan atlet potensial yang bisa berprestasi, ada beberapa konsep yang akan dibentuk Dindikpora Brebes, untuk menjaring atlet sejak usia dini.

“Kedepan kita akan lebih banyak menciptakan kelas khusus olahraga di sekolah-sekolah. Selanjutnya Dindikpora akan membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLOPD) untuk bisa menseleksi atau menjaring atlet sejak usia dini,” pungkas Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, fajar Adi Widarso.***

Baca juga: Video Penangkapan Oknum LSM di Brebes Jadi Pengedar Sabu

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.