Jaringan Air Bersih Akan Masuk, Warga Desa Luwungragi Brebes Siap Jadi Pelanggan PDAM

ARAHPANTURA, BREBES – Desa Luwungragi di Kecamatan Bukakamba Kabupaten Brebes berada tidak jauh dari jalur Pantura Brebes. Namun sudah sejak lama, warga di Desa tersebut tidak pernah menikmati adanya pasokan air bersih karena tidak adanya saluran pipa perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, Agus Isyono melalui direktur operasionalnya, Ahmad Jaeni, mengungkapkan jika di Kecamatan Bukakamba, hanya tinggal di Desa Luwungragi yang sampai saat ini belum memilik jaringan pipa pdam.

Untuk itu pihak PDAM Brebes tengah membangun sumur yang nantinya dapat mengairi hingga 1000 pelanggan di Desa Luwungragi.

“Saat ini, pihaknya sedang membangun sumur dalam dengan debit air yang akan dihasilkan mencapai 10 liter per detiknya di desa ini, sehingga diharapkan bisa mengairi sampai ssribu rumah di Desa Luwungragi.” Jelas Ahmad Jaeni, Selasa (12/10).

Baca Juga: Ribuan Pelajar SMP di Brebes Divaksinasi, Ini Syaratnya

Jaeni menambahkan jika Desa Luwungragi merupakan satu satunya desa dari 17 desa di Kecamatan Bulakamba yang belum memiliki jaringan pipa air bersih.

Sementara Kepala Desa Luwungragi, Saryo menjelaskan jika adanya sambungan pipa air minum disambut warga. Sambungan pipa PDAM ini setelah warga menunggu sejak 5 tahun lalu yang berharap adanya sambungan pipa air minum.

Selama ini menurutnya warga hanya mengandalkan pedagang keliling yang diambil dari luar desanya.

“Kami atas nama warga di Desa Luwungragi menyambut baik pihak Perumda milik Pemkab Brebes tersebut, yang tengah membangun sumur dalam dan sambungan pipa air minum didesanya. Apalagi selama ini warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk minum sehari hari,” tutur Kades Saryo.

Untuk mempermudah pemasangan bagi calon pelanggan air minum, pihak PDAM Brebes sudah menggandeng Bank Brebes. Sehingga nantinya warga yang akan memasang jaringan air minum, dapat membayarnya dengan cara mencicil melalui bank milik BUMD tersebut.

Termasuk perumda air minum milik pemkab Brebes ini, akan mengoptimalkan sumber pasokan ke air ke masyarakat, salah satunya pasokan air dari bendungan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *