Jelang Lebaran, Order Kerupuk Telur Asin di Brebes Meningkat

Kerupuk telur asin asal Brebes laris manis jelang Lebaran. /Arah Pantura

ARAH PANTURA, BREBES – Menjelang lebaran idul Fitri 1443 H, order pesanan kerupuk telur asin dari UMKM meningkat tajam. Bahkan, sejak pertengahan bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran kali ini order pesanan mengalami kenaikan hingga 100 persen dibandingkan hari biasanya.

Mutmainah (75) seorang pensiunan guru warga kampung Saditan Kelurahan/Kecamatan Brebes di usia senjanya masih terus berkarya mengembangkan usaha bisnis telur asin yang disulap menjadi jajanan ringan berupa kerupuk.

“Untuk lebaran kali ini permintaan meningkat, dari yang biasanya hanya memproduksi 5 kg perhari, kini meningkat hingga 10 sampai 15 kg per harinya,” ujarnya, Sabtu (30/4) siang.

Perajin telur asin “Sella” selama ini mengaku pemasarannya di berbagai kota, tidak hanya di Brebes. Namun juga Kota Tegal, Cirebon, Jakarta, Bogor hingga luar Jawa.

“Termasuk banyak pesanan di toko yang ada di pusat oleh-oleh telur asin Brebes. Bahkan, kerupuk telur asin sudah menembus Hongkong yang dijual warga Indonesia yang menetap disana,”ungkapnya.

Untuk harga kerupuk telur asin terjangkau, yakni untuk satu bungkusnya telur asin matang dijual Rp.15 .000. Sementara untuk kerupuk telur asin mentah berisi 100 gram hanya dijual Rp 10.000.

Sementara salah satu pelanggan, Nugroho asal Kabupaten Pekalongan, mengatakan setiap kali hendak lebaran, dirinya selalu mendatangi home industri tersebut. Dimana dirinya selalu memborong untuk oleh-oleh keluarganya untuk lebaran.

“Saya suka kerupuk asin karena rasanya gurih dan renyah. Bahkan rasa telir asin sangat menyerap. Jadi enak untuk cemilan,” pungkasnya.***

Spread the love

BACA JUGA :  Masuk Injury Time, Penyerapan Anggaran di Brebes Belum Ada 90 Persen

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.