Juri Ardiantoro Ungkap Proses Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Pusat, Syarat-syarat Lihat Disini

ARAHPANTURA, BREBES – Ketua Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 2022-2027, Juri Ardiantoro mengatakan jika jadwal tahapan seleksi anggota KPU dan Bawaslu yang telah diumumkan.

Selanjutnya tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu, akan membuka penerimaan pendaftaran bakal calon anggota KPU dan Bawaslu pada tahap pertama, yaitu mulai Senin 18 Oktober hingga 15 November 2021 mendatang atau selama 27 hari.

“Kami tim seleksi akan mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon anggota KPU dan Bawaslu pada besok pagi (Senin 18 oktober 2021)”. ujar Juri Ardiantoro kepada media, Minggu (17/10) malam di Brebes.

Menurut pria asal Desa Lengkong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ini, jika tahapan seleksi pendaftaran yang panjang selama hampir sebulan tersebut, bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut menjadi penyelenggara pemilu selama lima tahun.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Resmi Dibuka Senin, Simak Persyaratannya

“Tahapan berikutnya yaitu pemberkasan administrasi para bakal calon penyelenggaraan pemilu tersebut, untuk mengetahui pendaftar itu memenuhi syarat atau tidak,” ujarnya.

Dimana bagi yang memenuhi syarat administrasi akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya seperti tes tertulis, tes psikologi, serta pembuatan makalah. Sementara bagi yang tidak lolos akan berhenti disitu dan tidak mengikuti tahapan berikutnya.

“Bagi yang lolos administrasi, peserta calon anggota KPU dan Bawaslu lalu akan mengikuti tes tertulis, tes psikologi dan pembuatan makalah, kemudian juga peserta akan mengikuti proses tes psikologi lanjutan, tes kesehatan sampai mengikuti tes wawancara,” tegasnya.

Detailnya bagi masyarakat yang ingin mengetahui proses seleksi pendaftaran KPU maupun Bawaslu, dapat dilihat di website www.seleksikpubawaslu.kemendgri.go.id

Juri menjelaskan jika secara umum seleksi anggota KPU dan Bawaslu itu, sama seperti periode sebelumnya. Hanya saja saat ini penyelanggaraan seleksi berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017, tidak lagi berdasarkan UU nomor 15 tahun 2011.

“Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu, saat ini mendasar pada undang-undang nomor 7 tahun 2017. Yang salah satunya menyebut jika seleksi dilakukan selama 3 bulan, sejak tim seleksi dibentuk,” lanjut Ketua Timsel ini.

Juri juga menerangkan, tim seleksi sudah bisa menghasilkan 14 anggota KPU dan 10 anggota Bawaslu, yang lolos, maksimal tanggal 7 Januari 2022. Kemudian hasil tersebut oleh tim seleksi diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Kemudian oleh Presiden nantinya diserahkan nama nama tersebut kepada DPR RI, yang menyeleksi separuh nama yang telah diajukan oleh Presiden. DPR sendiri akan menetapkan 7 nama calon anggota KPU dan 7 nama lainnya masuk dalam calon pergantian antar waktu ( PAW),” ungkapnya

Tidak hanya calon anggota KPU yang ditetapkan DPR RI, menurutnya DPR RI juga akan menetapkan juga, 5 anggota Bawaslu terpilih dan 5 orang lainnya yang masuk dalam cadangan.

Sebelum akhirnya nanti mereka yang ditetapkan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai anggota KPU dan Bawaslu periode tahun 2022-2027.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *