Juru Kunci Situs Petilasan Nyi Mas Gandasari Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

ARAHPANTURA, CIREBON – Hujan deras disertai angin Jumat malam (3/12/2021) kemarin, menyisakan duka bagi warga di sekitar Situs Karang Mas Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.

Pasalnya, pohon berukuran besar yang tumbang di tengah pemakaman menimpa pendopo situs, akibatnya Juru Kunci atau Kuncen Situs Petilasan Nyi Mas Gandasari atas nama Sadim (45), tewas tertimpa pohon.

Ketua Adat Situs Karang Mas, Gian mengatakan, Peristiwa terjadi sekitar Jumat malam, 3 Desember pukul 23.00 WIB saat hujan dan angin kencang. Tidak hanya juru kunci, ada sejumlah warga yang sedang berkunjung pun tertimpa, namun hanya mengalami luka-luka.

Bacq Juga: Juru Kunci Makam Pakijangan Tewas Tersengat Tawon Vespa

“Ada dua orang lainnya, selain juru kunci. Tapi cuma mengalami luka-luka saja. Saat itu mereka sedang nyepi di pendopo. Tiba-tiba hujan disertai angin kencang datang. Jenazah juru kunci saat ini sudah dimakankam,” ujar Gian kepada Arah Pantura.

Ia juga mengatakan, hampir 20 pohon tumbang bersamaan. Akibatnya, sebanyak 50 makam warga rusak.

Sebagian pohon yang tumbang jenis jati berukuran besar. Proses evakuasi membutuhkan waktu lama dengan alat seadanya. Diperkirakan memakan waktu 2 hingga 3 hari untuk menyelesaikannya. Satgas Tagana dari BPBD dibantu Anggota Polri, TNI, Ormas, dan warga gotong royong mengevakuasi pohon-pohon.

“Baru kali ini, banyak pohon tumbang bersamaan. Ini murni disebabkan faktor alam, tidak ada tanda gaib atau mistis,”

Ditambahkannya, beruntung bangunan situs makam utama dan mushola masih utuh tidak rusak tertimpa pohon. Pihaknya belum bisa memperkirakan kerugian yang diderita.

“Kami berharap ada perhatian dari pemerintah, untuk kembali memperbaiki kerusakan di Komplek Situs Karang Mas ini,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *