Kasus HIV-AIDS di Kota Cirebon Tinggi, Ini Upaya KPA

ARAHPANTURA, CIREBON – Kasus HIV-AIDS di Kota Cirebon saat ini masih sangat signifikan. Jumlah kasus yang terlihat dan tidak terlihat sangat mengkhawatirkan.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon terus berkomitmen untuk memberantas kasus HIV-AIDS.

Sekertaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati, dalam acara peringatan Hari AIDS sedunia di halaman belakang Kantor DKIS Kota Cirebon, Rabu (1/12/2021), mengatakan kasus HIV-AIDS saat ini seperti gunung es, terlihat kecil diatas, tapi lebih besar lagi yang tersembunyi.

“Kami telah komitmen lintas sektor untuk membongkar kasus HIV-AIDS di Kota Cirebon. Sehingga kita bisa mengungkap semua kasus yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Bekuk Pelaku Pencurian Yang Terekam Kamera Pengintai di Banjarharjo Brebes

Dalam 2 tahun terakhir, KPA Kota Cirebon terus berupaya melakukan tes HIV kepada populasi kunci maupun populasi yang rentan penularan.

Hasilnya, pada tahun 2020 ditemukan sebanyak 324 kasus dan pada 2021 hingga Oktober ditemukan 214 kasus.

“Latar belakangnya ini didominasi oleh penularan melalui hubungan seksual. Kalau usianya variatif, mulai dari 19 tahun sampai 45 tahun,” jelas Sri Maryati.

Lebih lanjut Sri mengungkapkan, Pemkot Cirebon terus berupaya menekan laju penularan HIV-AID.

“Kita berupaya keras menghentikan penularan. Bagi yang sudah positif kita pertahankan untuk mengonsumsi obat secara rutin dan patuh. Bagi yang belum positif kita cegah dengan penyuluhan, pembentukan kader, workshop dan berbagai upaya di semua elemen masyarakat,” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *