Kasus Rabies di Kabupaten Cirebon Nol Persen

ARAHPANTURA, CIREBON, — Ratusan hewan peliharaan menjadi sasaran dalam vaksinasi rabies secara gratis. Momen ini diselenggarakan guna memperingati Hari Rabies Sedunia. Kegiatan ini berlangsung menggunakan protokol kesehatan ketat, di halaman Puskeswan Tukmudal, Kabupaten Cirebon.

Wakil Bupati Cirebon, Hj.Wahyu Tjiptaningsih,SE.,M.Si mengatakan vaksinasi rabies adalah upaya untuk mencegah penularan dari hewan peliharaan ke pemiliknya.

“Memperingati hari rabies sedunia, hari ini yang divaksin ada 100 dilaksanakan dua hari, anggarannya didapat dari provinsi dan APBD,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah mewabahnya rabies pada hewan peliharaan khususnya di Kabupaten Cirebon. Adapun dalam hal ini Dinas Peternakan Kabupaten Cirebon hanya menyediakan dosis vaksin terbatas.
Baca Juga: Terkait Perjuangan TNI, Begini Sejarah Berdirinya Makodim 0713 Brebes

“Ada kucing, anjing, dan kera biasanya penularan penyebab utamanya adalah anjing penularannya bisa sampai 92 persen, kucing 6 persen dan kera 3 persen, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan,” katanya

Masih ditempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Pemerintah Kabupaten Cirebon, Ade Hasan, menambahkan dirinya hanya menyediakan vaksin sebanyak 200 dosis vaksin.

“Dalam beberapa tahun ini kasus rabies Nol, selain rabies biasanya antraks tapi itu menyerang pada hewan ternak, ada juga vaksin flu burung,” jelasnya.

Tahun ini Distan dalam setahun hanya mendapat 300 dosis vaksin dari Pemerintah Provinsi, dengan vaksin yang dimiliki distan sebanyak 200 dosis, jadi total vaksin rabies yang dimiliki Distan hanya sebanyak 500 dosis. (*)

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *