Kawal Pemilu 2024, KPU RI Akan Bersurat ke DPR Bahas Tahapan

Ketua KPU RI Ilham Saputra saat diwawancarai media bahas soal tahapan pemilu 2024. /Ist

ARAH PANTURA, BREBES – Adanya wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dari sejumlah partai politik (Parpol). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tetap akan konsisten mengawal pelaksanaan pemilu sesuai amanat UU 17 tahun 2017.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU RI, Ilham Saputra, Selasa (15/3) kemarin saat
meresmikan kantor KPU Kabupaten Brebes.

Ilham Saputra menjelaskan, hasil konsinyering dengan Komisi II DPR RI, Bawaslu, DKPP dan Kemendagri sebenarnya sudah disepakati hari pencoblosan pemilu 2024, yaitu tanggal 14 Februari 2024.

Sedangkan untuk tahapan tahapan pemilu, menurutnya sudah dibuat rancangan untuk dibahas dan ditetapkan.

“Sampai saat ini UU Nomor 7 tahun 2017, konstitusi kita masih mengamanatkan untuk melaksanakan pemilu lima tahun sekali. KPU saat ini mempunyai kewajiban membuat rancangan tahapan program,” ujarnya.

Bahkan pihak KPU RI akan bersurat kembali kepada Komisi II DPR RI untuk melaksanakan pembahasan tahapan tersebut. Sehingga, tahapan pemilu tahun 2024 segera ditetapkan.

“Tahapan pemilu 2024 saat ini belum ditetapkan. Masih berupa rancangan karena belum dibahas di DPR RI. Kita akan kirim surat untuk bahas di DPR dulu, sehingga tahapan ditetapkan,” ungkapnya.

Jika rancangan tahapan bisa segera ditetapkan, maka KPU akan segera mulai melaksanakan tahapan pemilu 2024, bisa mulai dilaksanakan Juni mendatang.

Tahapan pemilu dari mulai pendaftaran parpol, verifikasi, penetapan parpol peserta pemilu, pendaftaran caleg, dan penetapan DCT. Termasuk, tahapan penetapan jumlah pemilih hingga mengerucut sampai DPT.

Termasuk kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak baik gubernur, bupati wakil bupati dan wali kota dan wakil walikota juga sudah dijadwalkan.

BACA JUGA :  Komisi III DPRD Brebes Soroti Proyek KPT, Ini Alasannya

“Kalau seumpama pembahasan penetapan ini bisa lancar. Maka di bulan Juni mendatang sudah mulai dilakukan tahapan” pungkasnya.***

Spread the love

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.